Connect with us
Sarang Semut, Manfaat Sarang Semut, Khasiat Sarang Semut

Tanaman

50 Manfaat dan Khasiat Sarang Semut untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Sarang semut disebut juga dengan genus myrmecodia bukanlah sarang yang dibuat oleh semut, tapi itu sebenarnya tumbuhan empiris yang bentuknya seperti sarang semut. Bentuknya seperti lekukan-lekukan berwarna coklat tua yang mirip dengan tanah yang dibuat oleh gerombolan semut. Manfaat sarang semut ini karena kandungan gizi serta nutrisinya dibutuhkan oleh tubuh. Namun, penggunaan yang berlebihan bisa menimbulkan efek samping sarang semut.

Sarang Semut, Manfaat Sarang Semut, Khasiat Sarang Semut

Selain sebagai rumah para semut, juga ditinggali beberapa binatang lainnya seperti kalajengking. Obat herbal alami ini jarang ditemukan di Indonesia, hanya bisa anda jumpai di daratan Papua. Sehingga, tak heran bila harganya cukup mahal dibandingkan dengan obat herbal lainnya. Ukuran diameternya antara 20-25 cm dengan tinggi 40 cm. Manfaat sarang semut papua ini sudah dikenal di seluruh Asia Tenggara. Jika ingin tahu lebih lengkap tentang genus myrmecodia, simak ulasan di bawah ini.

Kandungan Nutrisi dan Gizi Sarang Semut :

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dr. M. Ahkan Subroto, seorang ahli penelti utama LIPI mengungkapkan bahwa ada beberapa zat penting yang terkandung dalam genus myrmecodia ini. Zat-zat tersebut adalah tanin, flavonoid, polifenol, tokoferol, magnesium dan masih banyak lagi. Berikut ini kandungan gizi dan nutrisi beserta nilai masing-masing yang ada pada sarang semut :

  • Energi : Kkal/100g – 350,52
  • Air : g/100g – 4,54
  • Protein : g/100g – 2,75
  • Lemak : g/100 g – 2,64
  • Karbohidrat : g/100 g – 78,94
  • Tokoferol : mg/100 g – 31,34
  • fenol : g/100 g – 0,25
  • Kalsium (Ca) : g/100 g – 0,37
  • Natrium (Na) : mg/100 g – 68,58
  • Kalium (K) : g/100 g – 3,61
  • Magnesium (Mg) : g/100 g : 1,50
  • Seng (Zn) : mg/100 g – 1,36
  • Besi (Fe) : mg/100 g – 29,24
  • Fosfor (P) : g/100 g : 0,99

Manfaat Sarang Semut untuk Kesehatan :

Dari kandungan gizi dan nutrisinya, anda pun pasti penasaran dengan khasiat sarang semut untuk kesehatan. Banyak yang sudah membuktikan kalau bahan alami ini mampu membantu pengobatan beberapa penyakit kronis. Inilah manfaat dan khasiat genus myrmecodia untuk kesehatan tubuh :

1. Mengobati penyakit jantung

Mineral, potasium dan kalsium yang terkandung dalam sarang semut ini dapat menangani keluhan jantung seperti penyakit jantung koroner. Dengan mengkonsumsi bahan alami ini anda bisa memenuhi kebutuhan nutrisi bagi organ jantung.

2. Mengatasi kanker

Berdasarkan pengalaman beberapa orang, mengonsumsi obat-obatan alternatif yang berasal dari genus myrmecodia, terbukti dapat mengobati berbagai jenis kanker. Flavanoid dalam bahan alami ini sangat efektif malakukan resistensi terhadap pertumbuhan sel kanker. Sudah banyak kanker yang dapat diobati dengan bahan herbal ini termasuk gejala kanker otak, gejala kanker payudara, gejala kanker hati. Selain itu manfaat sarang semut juga  bisa mengatasi gejala kanker paru, gejala kanker usus, kanker rahim, gejala kanker kulit, gejala kanker prostat, dan gejala kanker darah.

3. Mengatasi benjolan di payudara

Tidak menyusui dengan baik adalah salah satu kejadian kanker payudara. Sebab, cairan asi tidak keluar sepenuhnya, sehingga membentuk gumpalan yang akhirnya menjadi benjolan pada payudara. Nah, bahan herbal dari Papua ini mengandung senyawa flavonoid yang bisa menghancurkan cairan penyebab benjolan di payudara. Jadi, bisa mencegah terbentuknya kanker payudara.

4. Mengobati wasir

Selain sebagai penangkan kanker, flavonoid dan tanin mampu mencegah dan mengatasi wasir maupun hemoroid. Khasiat sarang semut untuk wasir ini cukup efektif dan sudah digunakan sejak lama oleh orang-orang jaman dulu.

5. Melancarkan Haid

Kandungan mineral, kalsium, tanin dan flavonoid membuat khasiat sarang semut papua dapat melancarkan menstruasi yang selama ini menjadi masalah bagi kebanyakan wanita. Jika haid lancar, maka tubuh anda akan menjadi sehat.

6. Meredakan gejala rematik

Untuk meredakan gejala rematik, khasiat sarang semut terkait dengan flavonoid sebagai inhibitor xanthine oxidase dan enzim antioksidan. Dimana telah terbukti menyembuhkan rematik. Maka dari itu jika anda terkena rematik dapat mengkonsumsi secara teratur tanaman herbal tersebut.

7. Mengatasi diabetes mellitus

Banyak pengguna yang sudah membuktikan bahwa bahan herbal ini meningkatkan kesehatan setelah dikonsumsi secara teratur. Beberapa bahkan telah mengungkapkan tidak menggunakan insulin lagi untuk mengobati diabetes. Manfaat sarang semut dalam membantu pengobatan diabetes diduga karena dapat mengembalikan fungsi organ tubuh, khususnya pankreas. Sehingga dapat menghasilkan cukup banyak hormon insulin, sementara gula darah dapat diolah menjadi zat yang mudah diserap oleh tubuh.

Manfaat Sarang Semut untuk Kesehatan Lainnya :

8. Mangatasi keputihan

9. Menangani ambien

10. Sebagai antibiotik

11. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

12. Melancarkan metabolisme

13. Membantu menyembuhkan luka

14. Sumber energi tubuh

15. Bisa menghentikan pendarahan

16. Dapat membantu penyerapan kalsium

17. Mengatasi asma

18. Mengobati batuk

19. Mengobati TBC

20. Mengatasi gangguan ginjal

21. Mencegah dan mengobati usus buntu

22. Bagus bagi ibu setelah melahirkan

23. Meningkatkan produksi ASI

24. Meningkatkan kualitas hubungan suami istri

25. Membantu pengobatan stroke

26. Merangsang kinerja vitamin c

27. Mempengaruhi produksi enzim

28. Mengobati sakit kepala

29. Mengatasi darah tinggi

30. Mengobati alergi

31. Mengatasi gangguan prostat

32. Melancarkan peredaran darah

33. Membantu mengobati penyakit maag

34. Mengobati diare

35. Sebagai antiinflamasi

36. Mencegah katarak

37. Meningkatkan efektivitas vitamin

38. Mencegah periodontitis

39. Mencegah tulang keropos

40. Menurunkan resiko terhadap penyakit HIV/ AIDS

41. Menyembuhkan herpes

42. Menurunkan resiko penyakit kolesterol

Cara Memanfaatkan Sarang Semut untuk Kesehatan :

Penyajian bahan herbal ini untuk kesehatan tidak terlalu sulit. Cukup menyiapkan sarang semut kira-kira 6 x 5 cm, lalu cuci dengan air bersih yang mengalir. Selanjutnya rebus dengan 250 ml air hingga mendidih dan airnya berwarna kemerah-merahan. Rebus dengan api sedang. Setelah selesai merebusnya, diamkan sampai mengendap.

Kalau sudah, langsung saring airnya dan minum. Dosis untuk pengobatan 2-3 gelas sehari dan pencegahan 1 gelas sehari bagi orang dewasa. Sedangkan anak-anak, dosisnya setengah dari orang dewasa. Sebagai permulaan, baiknya diminum 2-3 kali dalam seminggu untuk penyesuaian. Apabila ingin kombinasi dengan obat dokter, minum 2-3 jam setelah mengkonsumsi obat dokter.

Manfaat Sarang Semut untuk Kecantikan :

Tak hanya bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh saja, tapi manfaat sarang semut juga bisa untuk kecantikan. Sebagaimana yang dijelaskan diatas bahwa bahan alami ini mampu menyembuhkan luka dan mengobati herpes. Selain itu, juga berkhasiat untuk :

1. Menghaluskan Kulit

Kandungan nutrisi dalam bahan herbal ini mampu membuat kulit anda halus. Cocok sekali digunakan sebagai perawatan kulit dari dalam.

2. Mengencangkan Kulit

Kulit anda juga akan kencang kalau mengkonsumsi sarang semut secara rutin. Bagi anda yang sedang diet, anda bisa menggunakan tumbuhan herbal ini sebagai pencegah pengendoran kulit.

3. Mencegah Jerawat

Efek radikal bebasnya mampu mencegah dari jerawat dan menghambat tanda-tanda penuaan. Gunakan obat herbal dan rempah-rempah ini secara teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara Memanfaatkan Sarang Semut untuk Kecantikan :

Pemanfaatan bahan alami ini untuk kecantikan sama dengan untuk kesehatan. Prosesnya mulai dari mengambil sarang semut secukupnya, lalu dicuci dan direbus. Setelah itu, diendapkan dulu dan dikonsumsi sesuai dosisnya yang tertera diatas. Untuk pemula, sebaiknya tidak diminum setiap hari karena bisa menyebabkan efek samping sarang semut yang sangat tidak nyaman bagi tubuh. Setelah 2-3 minggu barulah konsumsi setiap hari.

Efek Samping Sarang Semut :

Setelah mempelajari apa saja khasiat sarang semut, anda juga perlu tahu dampak buruk sarang semut. Sebenarnya efek samping bisa muncul karena penyesuaian tubuh saat meminumnya. Namun, efek buruk juga dapat timbul ketika mengkonsumsinya terlalu berlebihan. Saat awal-awal minumnya, anda akan mengalami pusing dan mual.

Baca Juga: Khasiat dan Manfaat Rumput Fatimah untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Itulah manfaat dan khasiat sarang semut bagi kesehatan, kecantikan, pengobatan dan rempah-rempah. Walaupun termasuk langka, sulit didapatkan dan harganya cukup mahal, namum khasiat tanaman obat ini sangat banyak sekali. Maka jika anda ingin sekali membeli sarang semut ini maka dapat dibeli dengan cara online atau bisa datang langsung ke papua.

Continue Reading

Lainnya dari Tanaman

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top