100 Manfaat Sawi Untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping
Connect with us
Sawi, Manfaat Sawi, Khasiat Sawi

Tanaman

100 Manfaat dan Khasiat Sawi Untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Sawi adalah sayuran atau tanaman golongan kubis-kubisan yang memiliki beberapa jenis, seperti sawi hijau, putih, bangkok, pakcoy, sawi pagoda dan lain sebagainya. Manfaat sawi terkenal sebagai bahan campuran masakan oriental, sama halnya dengan kubis. Sayuran ini awalnya dibudidaya dan populer di negeri tirai bambu Cina, sebelum akhirnya menyebar ke dunia. Hingga sekarang pun, sayur ini identik dengan makanan khas chinese, seperti Dimsum dan Cap Cay.

Sawi, Manfaat Sawi, Khasiat Sawi

Untuk memperoleh sayuran sawi sangat mudah, sebab bukan jenis sayur musiman. Tiap hari jenis lalapan ini tersedia di pasar. Bahkan andai saja mau, membudidayakan sayur sawi juga amat mudah. Bisa dengan teknik hidroponik yang sedang digandrungi belakangan ini.

Sebagai sayuran dari golongan kubis-kubisan, sudah tentu memiliki kadar purin yang tinggi. Di mana zat purin yang terlalu banyak bisa mengendap di tubuh dan memicu sakit asam urat dan hipertensi. Makanya, untuk para penderita asam urat disarankan untuk tidak makan sayur ini. Namun jangan khawatir, kandungan gizi dan manfaat sawi lebih banyak daripada pantangannya. Seperti yang dipaparkan di bawah ini.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Sawi :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Sawi

Loading...

Sayuran kubis-kubisan ini mengandung banyak gizi yang melimpah. Kandungan vitamin dan mineralnya kompleks. Di antaranya ditemukan zat besi, magnesium dan kalsium. Vitaminnya di antaranya adalah vitamin A, B kompleks dan D.

Namun untuk para penderita asam urat dan darah tinggi, sebaiknya batasi konsumsi sawi, sebab sayuran ini mengandung purin yang tinggi. Semacam zat garam yang bisa mengendap di pembuluh arteri dan memperparah kedua penyakit itu. Maka selama ini memang mitos soal kubis (termasuk sawi) yang pantangan buat penderita asam urat memang benar, bukan sekadar mitos, melainkan fakta.

Manfaat Sawi Untuk Kesehatan :

1. Meningkatkan Nafsu Makan

Memakan beberapa helai sayuran sawi bisa meningkatkan nafsu makan berkali-kali lipat. Apalagi kalau cara mengolahnya benar tingkat kematangannya. Pada dasarnya jenis sayuran Brassica ini lebih cocok direbus saja, tanpa banyak menggunakan bumbu dalam pengolahannya. Sebab lebih dikenal sebagai sayur lalapan.

2. Mencegah Kenaikan Asam Lambung

Manfaat sawi juga amat baik untuk para penderita maag. Sehingga asam lambung bisa turun. Tidak banyak konsentrasi gas di perut. Hanya saja, sebaiknya ketika makan sayuran ini juga disertai dengan makanan padat dan berat, seperti roti atau nasi.

3. Membuat Cepat Kenyang

Beberapa orang, terutama wanita sering mencari makanan yang membuat cepat kenyang, sehingga bawaannya tidak ingin ngemil terus. Maka sayuran ini bisa dicoba, sebab sayuran ini sungguh ampuh mengganjal perut keroncongan.

4. Alternatif Sayuran Untuk Diet

Mereka yang sedang diet juga sebaiknya makan sawi, sebab manfaat sayur ini sudah dikenal sangat cocok untuk diet. Sayur ini seringkali diolah jadi salad, fermentasi dengan menambahkan mayonese.

5. Kaya Dengan Serat

Manfaat sawi yang kaya dengan serat begitu ampuh untuk melancarkan pencernaan. Usus menjadi lebih mampu menyerap gizi makanan. Selain itu juga membuat sistem peredaran darah jadi lancar.

Manfaat Sawi Untuk Kesehatan Lainnya :

c6. Mencegah gigi keropos
7. Mengatasi aterosklerosis
8. Mengatur keseimbangan cairan di tubuh
9. Mencegah radang tenggorokan
10. Mengatasi panas dalam
11. Membersihkan usus
12. Meningkatkan penyerapan gizi
13. Menguarkan racun dari tubuh
14. Mencegah GERD
15. Meluruhkan LDL
16. Mengatasi sembelit
17. Mencegah obesitas
18. Meningkatkan kekebalan tubuh
19. Mencegah tulang keropos
20. Mengatasi anemia

Cara Memanfaatkan Sawi Untuk Kesehatan :

Untuk memanfaatkan sawi demi kesehatan. Ini ada banyak cara yang bisa dicoba, seperti bisa dimakan langsung mentah-mentah setelah dicuci bersih. Atau bisa pula diblender menjadi jus. Namun jika kurang doyan dengan sayur mentah, maka bisa direbus dulu setengah matang.

Nah, di era sekarang, pengolahan kubis-kubisan jauh lebih modern. Banyak olahan makanan berbasis sayuran ini, seperti asinan dan salad sayur. Yang mana ini membuat rasana jauh lebih enak. Sehingga nantinya jadi termotivasi hidup sehat dengan manfaat sayuran ini.

Manfaat Sawi Untuk Kecantikan :

1. Menghaluskan Kulit

Kulit yang halus jadi dambaan banyak orang. Jika ingin memilikinya, maka satu-satunya jalan adalah dengan makan banyak sayuran dan buah. Untuk itu, sebaiknya pilih saja sayur brassica ini sebagai alternatifnya. Sebab sayur ini kaya dengan vitamin C dan antioksidan yang ampuh menghaluskan kulit.

2. Melembutkan Kulit

Meskipun kulit sudah halus, namun belum tentu lembut dan berasa kenyal. Biasanya elastisitas kulit ini kurang jenis vitamin B kompleks yang ampuh untuk menyeimbangkan kadar cairan. Vitamin B kompleks ini melimpah dalam sayuran ini, sehingga bagus buat lembutkan kulit.

3. Melembabkan Kulit

Kulit yang lembab pun cita-cita banyak wanita. Manfaat sawi ampuh untuk melembabkan kulit, sebab sayuran ini kaya dengan air. Dan cocok untuk kulit wanita Indonesia yang hidup di negara tropis nan panas ini.

4. Mencerahkan Kulit

Sudah tentu, manfaat sayuran kubis-kubisan ini pun bisa mencerahkan kulit. Sebaiknya konsumsi sawinya juga diiringi dengan jenis sayuran dan buah lain. Sehingga nutrisinya jauh lebih komplit.

5. Memutihkan Kulit

Pada akhirnya, manfaat sawi ampuh buat memutihkan kulit. Efek putih ini akan langsung dirasakan dalam rentang waktu 1 bulanan setelah konsumsi rutin.

Manfaat Sawi Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Melangsingkan badan
7. Membuat wajah berseri
8. Membuat bola mata jernih
9. Menjaga kelembaban bibir
10. Mencegah kulit bersisik
11. Mencegah Jerawat
12. Mengatasi Minyak Berlebih di Wajah
13. Mencegah Komedo
14. Meremajakan Kulit
15. Mencegah Penuaaan Dini
16. Mengatasi Bibir Pecah-Pecah
17. Memerahkan Bibir
18. Mengatasi Kulit Kering
19. Menyegarkan Nafas
20. Membuat Wajah Bersinar

Cara Memanfaatkan Sawi Untuk Kecantikan :

Untuk kecantikan, satu-satunya cara mengolah sayuran ini tentu saja dengan memakannya. Sebagaimana untuk kesehatan, sawi bisa dimakan sebagai sayuran mentah maupun rebusan. Jika yang doyan rasa mentahnya, alangkah baiknya dijus saja, supaya praktis.

Manfaat sawi untuk kecantikan ini alangkah baiknya dicoba dari sekarang, sebab sebagaimana jenis perawatan kecantikan alami lainnya, selalu butuh proses dan waktu yang lama. Butuh kesabaran dan keuletan dalam melakukannya. Namun sudah terbukti bahwa orang yang menerapkan gaya hidup vegetarian itu bakalan jadi cantik dan awet muda.

Efek Samping Sawi :

Efek Samping Sawi

Efek samping pada dasarnya adalah dampak yang ditimbulkan dari konsumsi jenis sayuran brassica ini. Terlepas dari baik dan buruknya, namun lebih banyak sisi negatifnya. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, di samping manfaatnya yang banyak. Ternyata sayuran ini juga bisa menimbulkan efek samping seperti di bawah ini:

1. Asam Urat

2. Hipertensi

Maka untuk para penderita kedua penyakit di atas, alangkah baiknya membatasi konsumsi brassica. Bahkan di tingkat paling parahnya, dokter seringkali melarang total orang buat memakannya. Supaya nantinya penyakitnya ini sama sekali tidak bakalan kambuh lagi.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Lobak untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Jika seluruh manfaat sayuran sawi di atas sudah dicoba. Kini tinggal mengiringinya dengan gaya hidup sehat lainnya, misalnya dengan rajin olahraga dan istirahat yang teratur. Supaya tubuh mampu menyerap nutrisi makanan dengan lebih baik. Sehingga pertumbuhan dan resistensinya dalam melawan penyakit jadi lebih baik.

Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Tanaman

RSS Download Apk

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
DMCA.com Protection Status
To Top