Connect with us
Serai, Sere, Manfaat Serai, Khasiat Serai

Tanaman

100 Manfaat dan Khasiat Serai untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Serai, sereh atau sere merupakan jenis rerumputan yang dapat dimanfaatnya untuk banyak hal. Manfaat yang paling terkenal dari serai ini adalah sebagai bumbu dapur yang menghasilkan wangi tambahan untuk masakan.

Serai, Sere, Manfaat Serai, Khasiat Serai

Serai bisa diolah menjadi minyak yang biasa dijuluki sebagai Minyak Atsiri, dan minyak ini didapat melalui penyulingan bagian atas tumbuhan sereh tersebut. Wangi minyak ini sangat tidak disukai oleh nyamuk dan serangga lainnya, jadi wajar jika ada yang menggunakan minyak ini sebagai ganti obat nyamuk.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Serai :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Serai

Serai merupakan nutrisi aromatik yang sangat penting dan mampu memberikan berbagai manfaat kesehatan. Sereh ialah sumber dari berbagai vitamin seperti vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, C dan juga folat. Mineral yang dikandung pun juga melimpah seperti potasium, kalsium, magnesium, fosfor, mangan, tembaga, zink dan zat besi yang difungsikan untuk mendapatkan tubuh sehat. Untuk yang takut gemuk, tentu sereh adalah kabar gembira bagi Anda karena tumbuhan jenis rumput-rumputan ini tidak mengandung kolesterol berbahaya dan lemak.

Manfaat Serai Untuk Kesehatan :

Karena serai mengandung antioksidan flavonoid dan senyawa fenolik seperti luteolin, quercetin, kaempferol, glikosida, elimicin, catecol asam caffeic dan asam klorogenat yang bisa berkhasiat sebagai obat maka sangat pantas jika sereh banyak diburu untuk membantu mengobati berbagai penyakit. Serau juga membawa senyawa seperti lemonal yang bersifat anti-jamur serta anti-mikroba, tanaman ini juga memiliki bau khas seperti lemon yang berbeda-beda.

1. Meningkatkan Kolesterol Sehat (HDL)

Sifat anti-hiperlipidemia dan hiperkolesterolemia dari serai yang berarti mendukung kadar kolesterol sehat. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi serau secara rutin mampu memberikan hasil yang berarti dalam meningkatkan trigliserida dan mengurangi kolesterol LDL dalam tubuh. Sereh juga membantu mencegah akumulasi lipid di pembuluh darah serta meningkatkan aliran darah yang terhalang di arteri, sehingga mampu cegah arteriosklerosis dan juga berbagai gangguan atau penyakit jantung lainnya.

2. Sebagai Detoksifikasi

Serai juga mampu membersihkan racun dalam tubuh karena sifat diuretiknya. Proses detoksifikasi ini akan membantu melancarkan fungsi berbagai organ dalam tubuh, termasuk hati, ginjal, dan juga membantu menurunkan asam urat. Efek dari sifat diuretik ini juga akan meningkatkan jumlah dan frekuensi buang air kecil, tapi tenang saja, karena efek ini justru akan menjaga sistem pencernaan Anda.

3. Serai Sebagai Anti Kanker

Serai juga efektif dalam mengobati jenis-jenis kanker tanpa mempengaruhi sel-sel tubuh yang lain yang masih sehat dan normal. Penelitian telah membuktikan aktivitas anti kanker pada sereh dan telah menunjukkan hasil nyata yang menjanjikan dalam pencegahan kanker kulit.

Dalam penelitian lain, sere juga menunjukkan bahwa mampu berperan dalam penghambatan pertumbuhan kanker hati fase awal serta mencegah pembentukan selanjutnya. Efek lain yang telah ditemukan adalah serai mampu menghambat pertumbuhan kanker payudara.

4. Mampu Mencegah Infeksi Akibat Staphylococcus Aureus

Sebuah studi telah membuktikan bahwa minyak atsiri dari serai memiliki aktivitas anti biofilm yang sangat berpengaruh mencegah infeksi dari Staphylococcus aureus. Sereh juga mengandung fenol yang mampu menyebar dengan cepat lewat jaringan-jaringan tubuh, dan mencari serta menyembuhkan biofilm yang ada dalam tubuh. Tumbuhan sere akan mengacaukan komunikasi antar kuman sehingga mengganggu pertumbuhan mereka. Minyak esensial yang terkandung dalam tanaman herbal ini juga berguna untuk penggunaan tropikal maupun internal untuk mengatasi penyakit Lyme.

5. Serai Mengatasi Gangguan Perut

Anti-mikroba dan anti-bakteri dari minyak atsiri yang bisa ditemukan dalam sere dapat membantu memerangi infeksi oleh berbagai bakteri patogen seperti Helicobacter pylori dan Escherichia coli. Serai juga bermanfaat dalam pencegahan gastro intestinal seperti ulkus lambung, merangsang fungsi usus serta memperbaiki sistem pencernaan. Sifat anti-infalamasi dari sereh juga mampu mengobati sembelit, diare, ulcerative colitis, mual serta mengurangi perut nyeri.

Manfaat Serai Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mampu Mengatasi Insomnia
7. Mengatasi / Meredakan Gangguan Pencernaan
8. Meredakan / Menyembuhkan Demam
9. Mampu Menyembuhkan Infeksi
10. Membantu Mengurangi Rasa Nyeri
11. Meningkatkan Kinerja Sistem Saraf
12. Bantu Mengendalikan Laju Diabetes Tipe 2
13. Membantu Dalam Mengatasi Reumatik
14. Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
15. Mengatasi Obesitas
16. Menjaga Kesehatan Seluler Tubuh
17. Mencegah / Mengurangi Bau Badan
18. Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
19. Membantu Mengatasi Anemia
20. Membantu Menormalkan Berat Badan
21. Melawan Penyakit Malaria
22. Mampu Mengoptimalkan Pembuangan Racun Dari Tubuh
23. Membantu Mengatasi Gangguan Pernafasan
24. Membantu Menyembuhkan Flu
25. Mampu Meningkatkan Produksi Asi
26. Membantu Meredakan Nyeri Haid
27. Dapat Mengurangi / Menghilangkan Depresi

Cara Memanfaatkan Serai Untuk Kesehatan:

Karena daun serai merupakan salah satu rempah populer di Indonesia, tentu kehadirannya sangat mudah dijumpai untuk dimanfaatkan. Penggunaan sere ini biasanya hanya dengan dihancurkan untuk memberi wangi lemon pada masakan. Serau juga bisa digunakan untuk membuat kaldu, sup, kari, saus maupun teh, bisa juga dipotong kecil-kecil lalu ditambahkan ke salad. Mulai dari daun maupun batang, semuanya sangat berkhasiat dalam berbagai manfaat kesehatan tubuh manusia maupun hewan peliharaan Anda.
Agar manfaatnya lebih maksimal, daun serai sebaiknya Anda buat sebagai teh, minyak esensial ataupun fitonutrien yang lepas dalam air mendidih. Teh sere akan sangat bermanfaat seperti halnya kunyit putih.

Manfaat Serai Untuk Kecantikan :

1. Serai Baik Untuk Kulit

Serai mampu mengatasi masalah kulit sampai ke akarnya. Beberapa masalah kulit yang dapat diatasi adalah gatal-gatal seperti eksim, panu, biang keringat dan kadas.

2. Mampu Mengobati Jerawat

Bukan hanya buah dan sayuran saja yang mampu mengusir jerawat, tapi serai juga tidak kalah bermanfaat untuk menumpas masalah kulot satu ini.

3. Mampu Menghilangkan Bekas Jerawat

Kesalahan kecil saat memencet jerawat akan berakibat pada munculnya bekas jerawat yang akan sulit hilang. Untuk menghilangkannya, Anda bisa menggunakan sabun yang di dalamnya telah terkandung minyak serai.

4. Serai Mampu Mencerahkan Kulit

Serai telah dipercayai banyak orang untuk membantu mencerahkan kulit, bahkan tanaman ini telah banyak dipakai dalam produk perawatan kulit.

5. Mampu Mengobati Pecah-Pecah Di Kali

Serai juga berfungsi menghilangkan dan menyembuhkan pecah-pecah di kaki, terutama pada bagian telapak dan tumit.

Manfaat Serai Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Membantu Menghilangkan Ketombe
7. Mencegah Gigitan Nyamuk
8. Serai Sebagai Aroma Terapi
9. Sebagai Perawatan Kulit

Cara Memanfaatkan Serau Untuk Kecantikan :

Biasanya serai bisa dimanfaatkan dalam pembuatan parfum, deodoran, dan lilin. Sereh juga bisa ditambahkan dalam sabun atau kosmetik untuk memberikan keharuman alami. Tanaman obat ini juga biasa digunakan sebagai bahan pembuatan sampo hewan karena sere punya efek membasmi kutu.

Untuk membuat masker dari serai, bisa dilakukan dengan menumbuk batang tanaman ini sampai halus. Setelah itu lalu oleskan masker tersebut ke seluruh tubuh dan tunggu selama 30 menit. Selama menunggu, pijatlah kulit tangan dan kaki Anda dengan losion batang serai.

Efek Samping Minyak Serai :

Efek Samping Serai

Meskipun tergolong aman, penggunaan serai dalam bentuk teh herbal dapat menimbulkan reaksi alergi pada beberapa orang. Jika memang timbul alergi, segera lah untuk menghentikan pengonsumsiannya dan berkonsultasi kepada Dokter. Perlu diingat, hindarkan minyak atsiri murni dari jangkauan anak-anak. Karena jika diterapkan langsung pada tubuh dapat mengakibatkan reaksi berbahaya.

Baca Juga: Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Efek Samping

Dianjurkan untuk konsultasi kepada Dokter untuk menggunakan minyak atsiri pada ibu hamil, menyusui dan sedang menjalani pengobatan. Serai sendiri punya sifat galactagogic yang mempromosikan pembentukan susu. Sereh efektif dalam melancarkan aliran menstruasi serta menangkan kram. Anda dapat melihat serta membaca informasi tentang manfaat tanaman lainnya.

Continue Reading

Lainnya dari Tanaman

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top