Connect with us

100 Manfaat dan Khasiat Singkong Untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Tanaman

100 Manfaat dan Khasiat Singkong Untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Singkong (Manihot utilissima), Ketela Pohon, Ubi Kayu, Boled, atau Cassava adalah tanaman yang dapat diolah menjadi bahan makanan penyumbang gizi nasional, selain nasi. Manfaat singkong untuk kesehatan dan kecantikan sudah dirasakan banyak orang. Mulai dari untuk diet hingga obat kanker. Umbi Akar ini bisa diolah jadi aneka makanan, seperti: gethuk dan seriping.

Singkong, Tanaman Singkong, Umbi Singkong, Manfaat Singkong, Khasiat Singkong

Selain untuk kesehatan, ternyata khasiat singkong juga bisa untuk kecantikan. Mengonsumsinya bisa mencegah kegemukan karena indeks glikemik dan lemaknya rendah. Cocok untuk para wanita yang sedang berusaha keras diet. Penjelasan lengkap mengenai manfaat singkong untuk kesehatan dan kecantikan di atas takkan membuahkan hasil jika hanya dibaca. Untuk itu, langsung dipraktekkan sendiri saja, betapa umbi akar cassava ini rupanya memang kandungan gizinya begitu baik.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Singkong :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Singkong

Di dalam ketela pohon ini ternyata menyimpan banyak sekali kandungan gizi dan nutrisi. Ubi kayu yang pada dasarnya adalah jenis umbi akar yang berasal dari percabangan akar tanaman ketela pohon ini rupanya menyimpan segelintir vitamin dan mineral yang utama dibutuhkan tubuh, seperti vitamin C, B1 dan vitamin A. Selain itu juga ada banyak mineral penting seperti kalsium, fosfor, zat besi.

Loading...

Kandungan karbohidrat dan proteinnya juga melimpah, ini membuat di dalam 100 gram singkong terdapat kalori yang banyak yakni 130 kkal, artinya hampir separuh dari jumlah kalori sepiring nasi. Maka tak heran bila ketela pohon ini menjadi salah satu makanan pokok pula di Indonesia.

Manfaat Singkong untuk Kesehatan :

1. Mencegah Kanker

Manfaat singkong ampuh buat mencegah kanker. Di kalangan penderita kanker maupun penyintas kanker, mereka sudah tahu bahwa untuk menghambat pertumbuhan kanker ini, cukup dengan makan singkong. Bahkan pelan-pelan penyakit mematikan ini bisa sembuh total.

2. Mengobati Kanker

Obat kanker memang sangat mahal dan sulit didapat. Beberapa jenis kanker terutama kanker darah alias leukimia seringkali sukses buat sembuh. Namun kalau jenis kanker yang lainnya biasanya berujung pada kematian. Untuk itu, cobalah obat herbalnya dengan banyak-banyak makan singkong.

3. Memenuhi Kebutuhan Karbohidrat

Manfaat singkong sudah terkenal sebagai sumber karbohidrat. Kandungan karbohidratnya memang amat tinggi, hampir setara dengan nasi. Namun memang untuk urusan makanan utama atau pokok, untuk mengolah ubi kayu ini amat sulit. Hasil olahan kudapannya tidak sefleksibel nasi yang bisa dimakan dengan lauk apapun.

4. Mencegah Diabetes

Selanjutnya, manfaat singkong juga bisa mencegah diabetes, sebab ubi kayu ini ternyata gluten free. Tidak mengandung zat gula yang seringkali menyebabkan penyakit diabetes. Makanya untuk para penderita diabetes untuk segera saja meninggalkan nasi dan beralih pada singkong. Namun tetap untuk porsi dan cara mengolahnya sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter masing-masing.

5. Sumber Energi

Singkong adalah sumber energi. Pemerintah sejak dulu sudah menggalakkan perkebunan ketela pohon ini. Sudah sepantasnya negeri Indonesia yang kaya dengan aneka tanaman pangan ini mulai melirik ubi kayu ini sebagai bahan utama makanan sehari-hari. Bisa menjadi alternatif selain nasi.

Manfaat Singkong untuk Kesehatan Lainnya :

6. Rendah lemak
7. Sumber protein nabati
8. Membuat cepat kenyang
9. Mengandung vitamin C
10. Memiliki kandungan vitamin B1
11. Sumber kalsium
12. Terdapat fosfor
13. Mengandung zat besi
14. Cocok untuk yang alergi gluten
15. Alternatif pakan selain nasi
16. Membuat badan fit
17. Tidak membuat gemuk
18. Membuat usus lebih sehat
19. Menyehatkan lambung
20. Mengatasi kenaikan asam lambung

Cara Memanfaatkan Singkong untuk Kesehatan :

Untuk memanfaatkan ketela pohon ini mudah sekali. Bisa disesuaikan dengan selera makan. Kalau senang dengan ubi kayu yang digoreng, maka buatlah olahan makanan seperti seriping, gethuk goreng, atau tela-tela. Sedangkan kalau senang direbus, bisa buat singkong rebus, cimplung, gethuk lindri, gebral dan krawu. Selain itu bisa juga dibuat fermentasinya menjadi tape atau peuyeum.

Manfaat Singkong untuk Kecantikan :

1. Membuat Kulit Putih

Siapa sangka ternyata singkong bisa bikin kulit jadi putih. Tentunya sangat menguntungkan. Tidak perlu bingung dan repot lagi mau makan apa biar kulit ternutrisi jadi putih. Rupanya ubi kayu ini ampuh.

2. Mengangkat Sel Kulit Mati

Mekanisme membuat kulit putihnya bermula dari efek ketela pohon yang bisa mengangkat sel kulit mati. Tidak perlu bingung bagaimana cara mengolah singkongnya, cukup dimakan saja secara rutin tiap hari. Dampaknya akan terasa pada sel-sel kulit mati yang bikin kusam bakalan terkelupas dan tergantikan dengan sel baru yang bersih dan putih.

3. Mencerahkan Wajah

Untuk mencerahkan wajah sangat mudah sekali. Cara kerjanya sama dengan memutihkan dan mengangkat sel kulit mati. Cerah di sini tidak berarti putih, hanya saja membuat kulit jadi merona dan terang dipandang.

4. Membuat Badan Seksi

Ya, ternyata makan singkong bisa bikin badan jadi seksi. Jika selama ini nasi identik dengan “gemuk”, maka ketela pohon ini justru identik dengan “badan berisi namun seksi”. Silahkan dicoba saja gaya hidup baik dengan makan ubi kayu ini tiap hari. Pasti akan segera merasakan perubahannya.

5. Menjaga Kulit Agar Lembab dan Kenyal

Manfaat singkong juga amat baik menjaga kelembaban kulit. Kandungan air yang melimpah di dalam ketela pohon ini sangat baik buat kulit. Ingatlah bahwa untuk menjaga kelembaban dan elastisitas air itu memang butuh asupan cairan. Namun bukan berarti cairan ini adalah minum banyak air. Melainkan cairan atau air yang berasal dari bahan makanan.

Manfaat Singkong untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menghilangkan bekas luka
7. Mempercepat penyembuhan jerawat
8. Mengatasi komedo
9. Memudarkan flek hitam
10. Membuat badan lebih segar
11. Mengatasi kegemukan
12. Menyamarkan kerutan
13. Membuat berat badan idel
14. Mencegah penuaan dini
15. Meremajakan kulit
16. Mengatasi gangguan hormone pertumbuhan
17. Membuat badan seksi
18. Memperbaiki kulit yang rusak
19. Mencegah kanker kulit
20. Membuat awet muda

Cara Memanfaatkan Singkong untuk Kecantikan :

Oleh karena ini untuk kecantikan, maka disarankan singkongnya diolah dengan cara direbus saja. Hindari penggunaan minyak dan gula karena ini kurang baik buat kulit. Merebus ketela pohon tanpa tambahan bumbu apapun jauh lebih baik untuk mendapatkan hasil peremajaan kulit yang cepat dan maksimal.

Efek Samping Singkong :

Efek Samping Singkong

Berbagai efek samping di bawah ini mungkin saja terjadi bilamana seseorang tiap harinya makan singkong terus. Apalagi kalau yang belum terbiasa menjadikannya ubi kayu ini sebagai bahan makanan pokoknya. Jika berbagai gejala di bawah dirasakan, sebaiknya segera minum air yang banyak dan makan-makanan yang gurih, berair dan asin. Selain itu juga tambah dengan nasi.

1. Susah BAB
2. Kekenyangan
3. Mudah Merasa Lapar Lagi
4. Mual
5. Keringat Dingin

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Kacang untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Melihat aneka macam manfaat umbi akar ini beserta kandungan gizi dan efek sampingnya, sudah tentu manusia mulai secara serius mengambil potensi dari ketela pohon ini. Ubi jalar sungguh bisa menjadi sumber gizi nasional dan alternatif pakan di saat harga beras sedang melambung tinggi atau stok beras di pasaran sedang langka karena permainan oknum maupun karena para petani gagal panen. Langkah ini menjadi bagian dari intensifikasi pangan yang cerdas.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Tanaman

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top