Connect with us

50 Manfaat dan Khasiat Tebu untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Tanaman

50 Manfaat dan Khasiat Tebu untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Tebu atau bernama Inggris sugar cane merupakan tanaman yang sering dijadikan sebagai bahan baku vakasin dan gula. Batang tanaman yang kaya akan kandungan air ini menyimpan berbagai macam manfaat bagi tubuh. Saat musim kemarau, tanaman tebu menjadi pilihan minuman favorit yang menyegarkan. Sari tanaman yang bernama latin Saccharum officinarum ini memang cocok diminum saat cuaca panas dan dahaga. Sekarang ini sudah banyak yang memilih usaha kedai es sari tebu di pinggiran jalan dengan rasa yang nikmat, menyegarkan sekaligus ramah di kantong.

Tebu, Tanaman Tebu, Air Tebu, Manfaat Tebu, Khasiat Tebu

Tanaman tebu banyak dijumpai di wilayah Indonesia, terutama di wilayah pegunungan. Tanaman obat ini sangat baik saat ditanam pada wilayah yang udaranya sejuk. Di Indonesia sendiri, terdapat bermacam-macam jenis tebu yang menyegarkan seperti tebu kuning, tebu telur, tebu ungu dan tebu hijau. Selain bermanfaat untuk menghilangkan dahaga, tanaman ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Tebu :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Tebu

  • Protein
  • Karbohidrat
  • Mineral
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Fosfor
  • Kalium
  • Zinc

Manfaat Tebu untuk Kesehatan :

1. Membantu menjaga kesehatan organ ginjal

Kandungan kalium yang terdapat pada tebu berfungsi sebagai agen penjaga kalsium agar berjalan dengan lancar memenuhi kebutuhan dalam tubuh. Jika kalsium tidak berjalan lancar ke seluruh bagian tubuh maka bisa jadi kalsium tersebut mengendap pada ginjal dan menyebabkan batu ginjal. Organ ginjal sendiri berfungsi untuk menyaring kalium yang ada di dalam darah serta mengeluarkannya bersama urin. Oleh karena itu, kandungan kalium pada tanaman ini sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan ginjal.

Loading...

2. Penawar penyakit kuning

Manfaat sari tanaman tebu berikutnya adalah sebagai penawar penyakit kuning. Penyakit kuning merupakan suatu penyakit yang diakibatkan oleh pigmentasi yang terjadi pada kulit dan membran. Hal ini bisa terjadi karena adanya billubirin pada aliran darah. Karena hati tidak berfungsi dengan maksimal makanya timbulah penyakit yang disebut penyakit kuning ini. Salah satu cara tepat untuk mengobati sakit kuning adalah dengan mengkonsumsi tanaman berserat ini agar hati dapat berfungsi dan bekerja dengan baik.

3. Membantu menyehatkan mata

Tanaman berserat ini memiliki kandungan zat riboflavin yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada mata seperti katarak, mata lelah atau glukoma. Dengan demikian bagi anda yang tengah memiliki masalah penglihatan, anda bisa mengkonsumsi buah berserat dengan rasa yang manis ini untuk membantu menyembuhkan penyakit anda.

4. Membantu mengobati penyakit kanker payudara

Kanker payudara menjadi penyakit kronis yang sangat dihindari oleh para wanita. Kandungan zat dalam tebu yang bersifat alkali memiliki manfaat penting untuk membantu melawan resiko prostat dan juga kanker payudara. Selain itu, tumbuhan berserat ini juga berkhasiat melawan kanker payudara secara periodik sehingga anda tidak perlu khawatir lagi.

5. Mencegah terjadinya arterosklerosis

Penyempitan pembuluh darah yang terjadi akibat pengendapan lemak dan kolesterol merupakan kondisi yang akan memicu arterosklerosis. Selain itu, mengkonsumsi niasin dalam jumlah yang tinggi dapat menjadikan pembuluh darah melebar. Hal ini akan membuat aliran darah ke seluruh tubuh menjadi lancar. Sari yang terdapat pada tumbuhan berserat ini mengandung banyak niasin yang bagus untuk menyehatkan tubuh sekaligus mencegah dari arterosklerosis.

Manfaat Tebu untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mencegah terjadinya infeksi pada lambung

7. Mencegah penyakit stroke

8. Bagus untuk menyembuhkan dan menjaga kondisi penderita diabetes

9. Mengatasi kerusakan yang terjadi pada gigi

10. Mencegah terjadinya dehidrasi

11. Mengatasi resiko kanker

12. Membantu mengobati mimisan

13. Mencegah terjadinya penuaan dini

14. Obat untuk mengatasi gejala panas dalam

15. Membantu mengontrol sirkulasi darah

16. Membantu menstabilkan fungsi otak

17. Menyehatkan kuku

18. Mengatasi flu dan pilek

19. Membantu mengobati masuk angin

20. Sebagai sumber energi ekstra

21. Meredakan jantung yang berdebar

22. Mengobati batuk berdahak

23. Meringankan sakit tenggorokan

24. Mencegah terjadinya osteoporosis

25. Membantu menurunkan tekanan darah tinggi

26. Bahan dasar untuk membuat gula pasir

27. Menjaga fungsi sel saraf

28. Memperkuat tulang dan gigi

29. Menambah sistem imun

30. Mencegah terjadinya resiko penyakit kardiovaskular

31. Menjaga kepadatan tulang

32. Mengelola stres

33. Menjadikan tidur nyenyak

34. Bagus untuk ibu hamil

35. Sebagai pembangkit listrik

36. Sebagai minuman ringan yang menyegarkan

37. Penyedap rasa pada masakan

Cara Memanfaatkan Tebu untuk Kesehatan :

Pada dasarnya tebu untuk kesehatan dapat dikonsumsi secara langsung. Pada zaman dahulu banyak orang yang berkebun di ladang tanaman berserat ini dan memangkasnya lalu dimakan secara langsung. Mereka cukup mengupasnya lalu mengambil sarinya untuk menghilangkan dahaga.

Sekarang ini tebu dapat dikonsumsi sebagai air es dengan mengambil sarinya dan ditambahi garam serta jeruk nipis. Minuman menyegarkan ini dapat mengatasi dahaga sekaligus membuat pikiran menjadi lebih fresh. Anda juga bisa mengkonsumsi sari tebu sebagai bahan tambahan untuk membuat berbagai menu masakan seperti cake dan juga manisan.

Manfaat Tebu untuk Kecantikan :

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita, ternyata tebu juga memberikan manfaat untuk kecanikan kulit dan rambut. Mungkin masih banyak dari kita yang belum mengetahui rahasia dibalik tanaman berserat ini. Berikut ulasan mengenai manfaat tebu untuk kecantikan yang tentunya akan menjadikan anda semakin mengidolakan tanaman berserat ini:

1. Membantu menyehatkan rambut

Memiliki rambut yang sehat menjadi kebanggaan tersendiri bagi wanita. Terlebih rambut adalah mahkota bagi kaum hawa. Banyak cara dilakukan untuk merawat rambut agar tampak rapi dan indah. Salah satu kandungan penting yang terdapat pada tebu adalah riboflavin yang diyakini bagus untuk menyehatkan rambut. Dengan mengkonsumsi sari tanaman berserat ini secara teratur maka rambut kita akan selalu sehat dan terawat.

2. Membantu mencerahkan kulit

Kandungan nutrisi yang tinggi pada tanaman berserat ini berperan penting dalam menjadikan kulit semakin cerah dan bercahaya. Sari tanaman berserat ini tidak hanya bersifat menghilangkan dahaga saat haus daja namun juga menyegarkan kulit dan membuatnya nampak lebih cerah.

3. Mencegah terjadinya penuaan dini

Aliran darah yang lancar ke seluruh tubuh akan menjadikan sistem kekebalan tubuh menjadi baik dan fungsi organ bekerja dengan baik pula. Tubuh kita akan menjadi sehat, segar dan fit setelah mengkonsumsi sari tanaman berserat ini. Dengan demikian gejala penuaan dini dapat dihindari dan penampilan kita pun akan semakin prima setiap saat.

4. Membantu menjaga kesehatan kuku

Selain mampu menyehatkan rambut serta kulit, tanaman berserat ini juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan anggota tubuh yang lain yaitu kuku. Kandungan riboflavin pada tanaman berserat ini memang memiliki segudang manfaat jika kita mengkonsumsinya dengan takaran yang pas secara teratur.

Cara Memanfaatkan Tebu untuk Kecantikan

Sama halnya dengan cara memanfaatkan tebu untuk kesehatan di atas, tanaman berserat ini cukup dikonsumsi sarinya untuk mendapatkan manfaat dan khasiat besar yang terkandung di dalamnya. Namun dengan catatan harus dikonsumsu secara rutin. Tapi tidak dianjurkan bagi penderita penyakit diabetes.

Efek Samping Mengkonsumsi Tebu :

Efek Samping Mengkonsumsi Tebu

Disamping berbagai manfaat yang mampu menyehatkan tubuh sekaligus mempercantik penampilan, tanaman berserat ini juga memiliki efek samping negatif. Sari tebu yang dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu terjadinya sakit kepala, gangguan perdarahan yang fatal, pusing, mual, gangguan pada perut serta meningkatkan insomnia.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Pegagan untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Bagi anda yang ingin menikmati dan merasakan manfaat dari tebu ini secara maksimal dan aman, maka anda bisa mengkonsumsinya setiap hari dengan takaran satu gelas sari tebu. Tebu yang biasanya dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat gula pasir ini ternyata juga memiliki manfaat penting untuk kesehatan tubuh, kecantikan rambut dan kecantikan kulit dengan cara mengkonsumsi sarinya.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Tanaman

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top