100 Manfaat dan Khasiat Temulawak untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping - Manfaat Dan Khasiat Terbaru
Connect with us
Temulawak, Manfaat Temulawak, Khasiat Temulawak, Obat Herbal Temulawak, Cream Temulawak

Tanaman

100 Manfaat dan Khasiat Temulawak untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Temulawak Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) merupakan salah satu tanaman atau obat yang masuk dalam jenis temu-temuan. Tanaman ini mudah ditemukan di Indonesia dan sangat terkenal dengan kandungan gizi dan nutrisinya yang sangat banyak. Manfaat temulawak tidak hanya banyak untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Namun rempahan ini juga bisa dijadikan sebagai pelezat makanan serta jamu yang banyak digunakan oleh orang-orang.

Temulawak, Manfaat Temulawak, Khasiat Temulawak, Obat Herbal Temulawak, Cream Temulawak

Temulawak tidak hanya cocok untuk orang dewasa, namun juga baik untuk kesehatan anak-anak. Selain itu, temu lawak juga terkenal dengan cita rasa tinggi dan sangat kuat. Karena itulah tanaman ini sangat banyak digunakan sebagai bahan makanan. Manfaat yang terkandung dalam temulawak juga banyak sekali dan pada umumnya, sangat bermanfaat untuk organ dalam tubuh manusia seperti lambung, ginjal, dan lainnya.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Temulawak:

Kandungan Gizi Temulawak

Kandungan temulawak adalah Kurkumin, kurkuminoid, P-toluilmetilkarbinol , mineral, seskuiterpen d-kamper, minyak atsiri, karbohidrat, protein, Kalium (K), Natrium (Na), Magnesium (Mg), Besi, Mangan (Mn), dan Kadmium. Dengan kandungan sebanyak itu, tak heran temu lawak digunakan sebagai obat-obatan untuk penyakit atau organ yang memerlukan kandungan-kandungan zat aktif yang disebutkan di atas.

Loading...

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan :

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

1. Mengatasi Asam Lambung

Sering kali orang-orang banyak mengeluh tentang masalah asam lambung yang naik. Hal ini biasanya terjadi karena asam lambung yang tidak stabil dalam tubuh. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya, salah satunya adalah menggunakan obat temulawak yang banyak digunakan dalam mengatasi asam lambung.

2. Menambah Nafsu Makan pada Anak

Anak-anak biasanya tak mau memakan jika tidak lezat. Untuk membantu nafsu makan anak agar mau makan meski makanan tersebut tidak disukainya adalah dengan membiasakan anak makan temulawak. Kandungan yang ada dalam temu lawak bisa membantu anak untuk kembali mau makan. Penyebab anak tidak mau makan selain tak berselera adalah sedang cacingan.

3. Menjaga Kesehatan Hati atau Liver

Hati merupakan salah satu organ yang berfungsi untuk mengatasi segala jenis racun yang masuk dalam tubuh manusia. Temulawak memiliki kandungan zat aktif yang berfungsi untuk menjaga kesehatan hati atau liver agar selalu aktif dalam mengatasi setiap racun yang masuk dalam tubuh. Zat kalagoga yang ada dalam temu lawak bisa merangsang pengosongan pada kandung empedu.

4. Mengatasi Radang Sendi

Kurkumin terkandung dalam temulawak dan zat ini sangat aktif berperan dalam membantu mengatasi radang sendi. Radang sendi sendiri merupakan suatu kondisi di mana terjadi peradangan atau pendarahan dalam sendi yang mengakibatkan sakit luar biasa. Masalah seperti ini bisa disebabkan karena banyak hal dan salah satu metode ampuh dalam mengatasinya adalah menggunakan temu lawak sebagai obat.

5. Mengatasi Kanker

Kanker merupakan salah satu pembunuh yang berbahaya. Cara yang paling ampuh untuk mengatasinya adalah memperbaiki pola makan dan pola keseharian agar terhindar dari kanker. Gunakan temulawak dan masukkan dalam pola makan sehat Anda dan rasakan khasiatnya. Tidak hanya bisa mengobati kanker, mengkonsumsi temu lawak secara rutin bisa juga mencegah kanker agar tidak terjadi.

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Lainnya:

6. Mengatasi tumor.

7. Mengatasi penyakit kolestrol.

8. Mengatasi masalah pencernaan.

9. Mengatasi diare.

10. Mengatasi sakit perut biasa.

11. Membantu memperlancar ASI.

12. Mengatasi asam lambung atau GERD.

13. Mengatasi tukak lambung.

14. Mengobati gastritis.

15. Mengatasi Kanker Lambung.

16. Membantu mengatasi tumor lambung.

17. Mengatasi masalah hepatitis.

18. Mengatasi stres.

19. Mengatasi Cemas.

20. Mengobati arthritis.

21. Obat maag.

22. Obat miom.

23. Melancarkan darah.

24. Obat peradangan.

25. Obat nafsu makan.

26. Obat masuk angina.

27. Mengatasi memar.

28. Mengatasi linu.

29. Obat keseleo.

30. Obat bisul.

31. Obat bau nafas.

32. Mengatasi gangguan mental.

33. Mengatasi demam.

34. Memulihkan tenaga pasca sakit.

Cara Memanfaatkan Temulawak Untuk Kesehatan:

Anda bisa menggunakan sebagai bahan makanan, sebagai bahan tepung, dan meminum air rebusannya untuk memaksimalkan khasiat dari temulawak ini. Selain itu, Anda juga bisa membuat temu lawak ini dalam berbagai bentuk dan dicampur dengan bahan-bahan sehat lainnya kemudian Anda konsumsi secara rutin.

Manfaat Temulawak Untuk Kecantikan :

Manfaat Temulawak Untuk Kecantikan

1. Mengatasi Jerawat

Temulawak yang sering digunakan sebagai masker harian bisa membantu dalam mengatasi jerawat yang timbul pada wajah atau punggung. Cukup sediakan potongan temulawak, diparut, kemudian digunakan sebagai masker. Cara ini sangat ampun untuk Anda terapkan bahkan setiap hari sebagai obat penghilang jerawat.

2. Menghaluskan Kulit

Kulit kasar sering ditemui diberbagai jenis kulit. Untuk membuat kulit halus, diperlukan perawatan yang lebih baik, bahkan sampai harus menggunakan metode lebih modern seperti bedah plastic dan lainnya. Namun jika Anda ingin menggunakan cara tradisional, cobalah untuk menggunakan masker yang terbuat dari temulawak karena mengandung nutrisi dan gizi yang baik untuk kulit.

3. Mengencangkan Kulit

Sering kali kulit kendor dan tidak kencang bisa menjadi masalah serius untuk kaum wanita. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah menggunakan ekstrak temulawak yang baik untuk mengencangkan kulit sehingga terlihat awet muda. Bagian kulit yang sering terlihat kendor adalah kelopak mata, bawah mata, dahi, sikut, dan lainnya.

4. Mempercerah Kulit

Temulawak sangat efektif untuk Anda yang sering mengeluh dengan kulit hitam kusamnya. Salah satu metode yang bisa Anda terapkan adalah mengatasinya dengan temulawak. Bisa menggunakan masker karena metode ini adalah metode yang sangat ampuh untuk membuat kulit menjadi lebih segar dan putih.

5. Mengatasi Keriput

Sering-seringlah untuk mengoles temulawak yang sudah Anda parut ke bagian kulit yang keriput seperti sikut, lutut, dahi, bawah mata, dan lainnya. Gunakan secara rutin sampai benar-benar sembuh. Rutin dilakukan tidak masalah karena kandungan aktif pada temu lawak tak membuat masalah pada kulit selama sel kulit cocok, cara penggunaan yang tepat, dan tidak berlebihan.

Manfaat Temulawak Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menyuburkan kulit kepala.

7. Mengatasi kulit terkelupas.

Cara Memanfaatkan Temulawak Untuk Kecantikan :

Untuk memaksimalkan penggunaan temulawak untuk kesehatan kulit, Anda bisa mencoba untuk memarut kemudian oleskan pada wajah atau kulit secara merawat. Dengan cara pemaskeran ini, Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal karena pemberian nutrisi dan gizi yang merawat untuk kulit Anda.

Metode ini lebih baik dilakukan secara rutin. Tidak dilakukan ketika jerawat atau masalah kulit lain mengenai diri Anda. Untuk tindakan pencegahan, Anda bisa menggunakan masker temulawak secara rutin seperti 2 kali dalam seminggu untuk tetap menjaga kecantikan Anda.

Efek Samping Temulawak :

Efek Samping Temulawak

Temulawak bisa sangat berbahaya untuk kesehatan, kulit dan kecantikan jika dikonsumsi oleh orang yang alergi dengan kandungan yang ada di temulawak. Pastikan juga kebersihan temulawak tetap terjaga. Berikut ini beberapa efek samping jika telalu banyak mengonsumsi temulawak.

1. Mual dan Muntah

2. Iritasi Lambung

3. Gangguan Liver

4. Kerusakan Ginjal

5. Penyumbatan Saluran Empedu

6. Pendarahan

7. Gangguan Pencernaan

8. Jantung Berdebar

9. Infeksi Kemih

10. Nafsu Makan Bertambah

Itu dia manfaat temulawak untuk kesehatan dan kecantikan beserta cara penggunaan dan efek sampingnya. Jika Anda ingin mengkonsumsi temu lawak secara terus menerus, sebaiknya terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter karena jika terlalu overdosis, bisa menyebabkan berbagai efek samping. Anda dapat melihat manfaat umbi lainnya.

Advertisements

Continue Reading
3 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Tanaman

RSS Download Apk

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
DMCA.com Protection Status
To Top