Connect with us
Teratai Salju, Manfaat Teratai Salju, Khasiat Teratai Salju

Tanaman

52 Manfaat dan Khasiat Teratai Salju untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Teratai salju merupakan salah satu jenis tanaman teratai yang dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal serta menjadi sebuah penemuan baru dalam dunia kesehatan. Tanaman berbunga yang memiliki nama latin laniceps saussurea ini banyak ditemui di daerah Tibet dan China. Para masyarakat di daerah tersebut sudah sejak lama memanfaatkan bunga ini sebagai tumbuhan herbal untuk mempercantik penampilan dan menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Teratai Salju, Manfaat Teratai Salju, Khasiat Teratai Salju

Mungkin sebagian dari kita masih sangat asing dengan teratai salju, sebab bunga ini masih sangat sulit ditemukan di Indonesia. Ini karena tanaman ini pada umumnya hanya bisa tumbuh di daerah bersuhu tinggi seperti pegunungan kutub Eropa, Asia dan Amerika. Tanaman ini memiliki banyak khasiat yang banyak kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kandungan Nutrisi dan Gizi Teratai Salju :

  • Vitamin B1
  • Vitamin B7
  • Vitamin C
  • Fosfor
  • Kalsium
  • Protein
  • Zat besi
  • Karoten
  • Mangan
  • Asam nikotinat
  • Tembaga
  • Karbohidrat

Manfaat Teratai Salju untuk Kesehatan :

1. Membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh

Teratai salju diyakini berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Bagi anda yang selama ini merasa mudah terserang bakteri atau virus yang menyebabkan kekebalan tubuh anda melemah, maka anda bisa mengatasinya dengan memanfaatkan tanaman ini. Bunga teratai salju dapat anda jadikan sebagai ramuan herbal untuk memperkuat kekebalan tubuh agar terhindar dari segala serangan bakteri atau virus penyebab penyakit.

2. Mengobati diabetes

Diabetes merupakan sebuah penyakit yang dapat mengakibatkan si penderita merasa mudah mengantuk dan lemas. Kondisi tidak menyenangkan ini dapat diatasi dengan cara mengkonsumsi tanaman teratai salju sebelum tidur malam.

Tanaman herbal ini mengandung senyawa polifenol dan juga antioksidan yang tinggi untuk membantu menetralisir rasa kantuk serta membantu mengembalikan sistem metabolisme tubuh yang sehat seperti semula. Selain itu, kandungan dalam tanaman ini juga dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

3. Sebagai obat perut kembung dan masuk angin

Selain berkhasiat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, tanaman ini juga dipercaya ampuh sebagai ramuan untuk menyembuhkan perut kembung. Bunga tanaman ini dapat dijadikan sebagai alternatif obat herbal yang akan menghangatkan perut dan membantu membuang gas dari saluran pencernaan.

Dengan demikian, saat anda merasa terganggu dengan perut kembung atau masuk angin maka anda bisa meminum seduhan ramuan herbal ini agar perut anda kembali merasa nyaman. Untuk mempercepat penyembuhan, disarankan untuk menambahkan sedikit madu pada seduhan ramuan herbal ini dan minumlah selagi hangat.

4. Membantu mengobati insomnia

Penyakit susah tidur atau insomnia bisa diakibatkan oleh berbagai faktor seperti gangguan pencernaan, stress, gejala jantung dan lain-lain. Untuk mengatasi gangguan insomnia ini anda bisa mencoba mmebuat ramuan herbal dari tanaman teratai salju. Selain ampuh mengobati insomnia, teratai salju juga dapat membantu menyembuhkan keluhan depresi ringan dengan kandungan antioksidan yang ada di dalamnya.

5. Membantu menyembuhkan gangguan hati

Hati merupakan salah satu organ yang memiliki fungsi penting bagi tubuh. Salah satunya adalah untuk menyerap racun agar tidak banyak racun yang masuk dalam hati. Bunga teratai salju bermanfaat untuk menyembuhkan gangguan yang terjadi pada hati dengan cara mengeluarkan berbagai racun yang ada di dalam tubuh kita. Racun tersebut akan dikeluarkan melalui saluran sekresi.

Manfaat Teratai Salju untuk Kesehatan Lainnya :

6. Baik untuk menjaga kesehatan janin

7. Membantu meredakan sakit kepala

8. Mengatur kesehatan berbagai organ dalam tubuh

9. Mengobati masalah impotensi

10. Menyembuhkan pembengkakan

11. Membantu mencegah penumbuhan plak

12. Memaksimalkan kerja ginjal dan hati

13. Sebagai penghangat tubuh

14. Menyembuhkan sakit pinggang

15. Mengobati sakit flu

16. Meredakan stress

17. Mempercepat metabolisme sel

18. Membantu menurunkan kadar kolesterol

19. Mencegah penyebaran sel kanker

20. Sebagai tanaman hias

21. Menyembuhkan penyakit jantung

22. Mencegah resiko infeksi lambung

23. Sebagai antioksidan

24. Mengobati sembelit

25. Menyembuhkan diare

26. Mempercepat penyembuhan luka

27. Menyembuhkan sakit arthritis sexual dan lemah syahwat

28. Mengobati reumatik

29. Mencegah timbulnya efek samping akibat penggunaan antibiotik

30. Mengobati gejala alergi pada anak-anak

31. Membantu menghilangkan rasa lelah

32. Menstabilkan tekanan darah

33. Mengobati gatal atau biduran

34. Mengatur fungsi tubuh antidumping

35. Memperbaiki fungsi hati, limpa dan pankreas

36. Menghancurkan batu empedu

37. Memperkuat organ ginjal dan kantong kemih

38. Membantu melancarkan sistem pencernaan

39. Memperbaiki struktur tubuh

40. Melancarkan menstruasi

41. Menyembuhkan perdarahan

42. Menguatkan stamina dalam tubuh

43. Mengobati cedera

Cara Memanfaatkan Teratai Salju untuk Kesehatan :

1. Ambil tanaman teratai salju sebanyak 6 gr lalu bersihkan.

2. Masukkan anggur putih selama 1 bulan lebih.

3. Ambil air rendaman bahan tersebut untuk dikonsumsi 2 kali sehari sebanyak 30 ml.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Pegagan untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Teratai Salju untuk Kecantikan :

1. Mengencangakan kulit wajah

Sudah sejak dahulu para wanita dari China dan Tibet memanfaatkan senyawa dari bunga teratai sebagai rahasia kecantikan kulit mereka yang lembut dan kencang. Anda juga bisa memiliki kulit yang kencang dan lembut seperti mereka dengan mencoba manfaat dari tanaman herbal ini.

2. Mencegah terjadinya penuaan dini

Kandungan senyawa anti peradangan ditambah dengan enzim khusus di dalam tanaman ini mampu mempertahankan kolagen untuk bekerja dengan cepat untuk mengatasi kulit yang keriput. Dengan demikian, wajah kita akan selalu awet muda dan terhindar dari masalah tanda-tanda penuaan dini.

3. Menyamarkan flek hitam

Adanya flek hitam pada wajah akan sangat mengganggu penampilan kita. Sekarang anda tidak perlu khawatir lagi, karena flek hitam dapat dihilangkan secara alami dengan menggunakan khasiat teratai salju yang memiliki kandungan penting untuk menyehatkan kulit termasuk menyamarkan flek hitam.

4. Mengatasi jerawat

Masker yang terbuat dari tanaman herbal ini juga diyakini ampuh untuk membasmi jerawat yang mengganggu wajah. Saat jerawat susah dihilangkan bahkan menimbulkan rasa nyeri pada wajah, maka anda bisa melakukan treatment khusus menggunakan teratai ini agar masalah jerawat anda dapat teratasi dengan segera.

5. Membantu metabolisme kulit

Selain menghilangkan jerawat, flek hitam dan mencegah penuaan dini, tanaman ini juga bermanfaat membantu metabolisme kulit dan membuat kulit nampak sehat, segar dan mengkilat. Namun dengan catatan, anda harus menggunakannya secara teratur.

Cara Memanfaatkan Teratai Salju untuk Kecantikan :

  1. Gunakan manfaat dari teratai yang sudah diolah menjadi bubuk.
  2. Campurkan bubuk teratai salju dengan bahan alami lain seperti mentimun halus, telur, lidah buaya dan tepung beras.
  3. Aduk semua bahan tersebut hingga merata dan berubah menjadi pasta.
  4. Simpan dalam suhu dingin di lemari es sekitar 30 menit.
  5. Aplikasikan pada wajah dan biarkan meresap hingga masker mengering.
  6. Bilas dengan air hangat dan lakukan treatment ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Efek Samping Teratai Salju :

1. Dehidrasi

Tanaman ini ternyata merupakan pemicu utama terjadinya dehidrasi. Mereka yang mengkonsumsi ramuan dari tanaman ini sebagian besar mengaku sering merasa haus lebih dari hari-hari biasa. Kondisi dehidrasi ini memang tidak membahayakan secara berlebihan, namun jika tidak segera ditangani justru dapat memicu penyakit lain seperti panas dalam dan peradangan.

2. Alergi

Efek samping alergi ini hanya dialami oleh mereka yang mungkin belu mengetahui bahwa tubuh mereka alergi terhadap teratai salju. Alergi yang mungkin muncul seperti mual disertai pusing, muntah dan ruam pada kulit. Kondisi ini harus segera ditangani apabila gejala tersebut tidak berangsur baik dalam hitungan dua hari.

3. Gangguan pencernaan

Kandungan enzim laktak pada teratai salju sangat bermanfaat untuk melancarkan saluran pencernaan. Namun apabila tanaman ini dikonsumsi secara berlebihan dapat mengakibatkan berbagai gangguan pencernaan seperti diare, sembelit atau perut kembung. Oleh sebab itu, saat anda ingin mengkonsumsi ramuan herbal dari tanaman ini sebaiknya mengetahui dengan pasti cara meminumnya.

4. Tidak disarankan untuk ibu hamil

Tanaman bernama latin Saussurea Involucrate ini dapat memicu terjadinya gangguan pada saluran cerna. Oleh sebab itu, beberapa ahli kesehatan menyarankan kepada para wanita hamil untuk tidak mengkonsumsi tanaman ini. Selain dapat mengakibatkan resiko sembelit akut, gangguan pencernaan lain juga bisa terjadi dan akhirnya akan mengganggu aktifitas kehamilan.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Habbatussauda untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Secara umum, banyak sekali efek positif dari tanaman teratai salju ini yang menjadikannya banyak diminati masyarakat. Bagi anda yang ingin mencoba khasiat dari tanaman herbal ini, disarankan untuk mengkonsumsinya secara wajar dengan dosis yang tepat agar manfaat yang diperoleh bisa seimbang.

Continue Reading

Lainnya dari Tanaman

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top