Connect with us
Terong Ungu, Manfaat Terong Ungu, Khasiat Terong Ungu

Tanaman

55 Manfaat dan Khasiat Terong Ungu untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Terong Ungu adalah tanaman jenis terong atau sayuran yang sangat populer di kalangan masyarakat. Kita dapat menemukannya di mana saja dengan harga yang sangat terjangkau. Terong sebenarnya memiliki jenis yang beragam. Namun salah satu jenis terong yang banyak dikonsumsi dan dibudidayakan oleh masyarakat adalah terong warna ungu. Hal itu karena mudah tumbuh, cepat berbuah, dan merawatnya tidak sulit. Selain itu, juga karena banyaknya manfaat terong ungu.

Terong Ungu, Manfaat Terong Ungu, Khasiat Terong Ungu

Banyak yang beranggapan bahwa sayuran ini tidak bagus untuk para laki-laki karena bisa menurunkan fungsi biologis. Namun ternyata anggapan itu tidak benar, terong ungu justru kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Terong ungu ini pun aman dikonsumsi untuk menjaga kesehatan kita terutama bagi anda yang vegetarian.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Terong Ungu :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Terong Ungu

Terong ungu memiliki kandungan gizi yang sangat penting bagi tubuh. Diantaranya yaitu :

• vitamin A,
• vitamin B Kompleks,
• vitamin C
• vitamin D
• triptophan.
• Folat
• zat besi,
• antosianin,
• ellagic
• phycocyanian
• magnesium,
• kalsium,
• tembaga,
• fosfor,
• mangan, dan
• kalium

Manfaat Terong Ungu untuk Kesehatan :

1. Mengobati sakit perut

Terong ungu ini dipercaya banyak orang dapat mengatasi sakit perut baik sakit perut seperti maag atau yang lainnya. Hal ini karena kandungan nutrisi di dalamnya yang mampu mengurangi rasa sakit di perut. Dengan mengonsumsi sayuran ini, perut yang terasa nyeri perlahan akan sembuh.

2. Mengontrol produksi asam lambung

Maka jangan menyepelekan asam lambung yang naik karena dapat membahayakan tubuh. Nah terong ungu juga dipercaya dapat mengontrol produksi asam lambung dalam tubuh kita agar tidak berlebih. Dengan mengonsumsi sayuran ini,.maka anda tak lagi tersiksa karena asam lambung sedang naik.

3. Mengatasi diabetes

Terong ungu banyak mengandung serat dan mempunyai sedikit karbohidrat. Hal tersebut menjadikan terong baik dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes.

4. Meningkatnya ketajaman bola mata

Terong ungu dapat dikonsumsi untuk ketajaman bola mata. Dengan banyak makan terung ungu anda dapat mencegah rabun. Kandungan vitamin A juga menjaga mata anda supaya terhindar dari masalah yang berhubungan dengan syaraf penglihatan.

5. Menyehatkan Pencernaan

Terong ungu dipercaya mempunyai manfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan anda. Dengan mengonsumsi sayuran ini, penyerapan gizi menjadi lebih baik karena usus bekerja dengan baik pula. Maka dari itu saluran pencernaan anda menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai gangguan yang berhubungan dengan pencernaan. Selain itu,

Manfaat Terong Ungu untuk Kesehatan Lainnya :

6. Menyuburkan pria dan wanita
7. Memperbaiki suasana hati
8. Mengatur kadar trigliserida
9. Melancarkan urin
10. Mengandung protein yang bagus untuk otot
11. Rendah kalori
12. Mencegah asam urat
13. Mencegah kanker leukimia
15. Mencegah rematik
16. Mengobati gangguan ginjal
17. Mengobati infeksi saluran cerna
18. Mengobati masalah kandung kemih
19. Mencegah melena dan hematemesis
20. Menyehatkan janin
21. Menyehatkan jantung
22. Menyehatkan paru-paru
24. Menjaga kesehatan ginjal
25. Menjaga kepadatan gigi dan tulang
27. Bagus untuk diet
28. Anti bakteri
29. Mencegah penyakit anemia
30. Makanan sehat untuk vegetarian
31. Meningkatkan manfaat otak
32. Mengontrol olestrol
33. Mencegah penyakit aterosklerosis
34. Menurunkan hipertensi
35. Mengatasi wasir
36. Mengobati bronkitis
37. Mengobati radang sendi
38. Mengobati gusi berdarah

Cara Memanfaatkan Terong Ungu untuk Kesehatan :

Ada banyak sekali cara dalam mengonsumsi terong ungu. Salah satunya adalah dengan menumis. Pertama siapkan sayuran ini kemudian cuci hingga bersih, potong kecil-kecil. Siapkan bawang merah, bawang putih, cabai yang sudah diiris tipis-tipis. Masukkan minyak goreng dan tunggu hingga panas. Tuangkan bumbu yang sudah diiris tersebut. Aduk-aduk sebentar, kemudian masukkan terong. Tambahkan garam dan gula sedikit. Oseng-oseng hingga terongnya matang.

Manfaat Terong Ungu untuk Kecantikan :

1. Menyehatkan kulit

Terong ungu banyak mengandung kadar air dalam jumlah yang cukup tinggi. Hal tersebut dapat membantu dan menjaga kulit supaya tetap terhidrasi dengan baik. Vitamin dan mineralnya juga membantu untuk memberikan kulit yang sehat

2. Melembabkan kulit

Dengan mengonsumsi terong ungu secara teratur dapat membantu kulit anda menjadi lembab dari dalam. Untuk anda yang berkulit kering, disarankan untuk selalu mengonsumsi sayuran ini. Anda dapat menumisnya atau menjadikannya sebagai jus.

3. Menyehatkan kulit kepala

Mineral dan vitamin yang terkandung di dalam terong ungu sangat baik dalam memberi nutrisi pada kulit kepala kita agar tetap sehat. Kulit kepala kita akan menghindari beberapa masalah yang mengganggu kesehatan kulit kepala.

4. Mencegah penuaan dini

Terong mengandung vitamin E yang berperan penting dalam mencegah penuaan dini pada kulit anda. Konsumsilah terung ungu secara rutin dan teratur agar kulit anda terhindar dari gejala penuaan dini.

5. Menurunkan berat badan

Badan yang gemuk terlebih bagi wanita tentu akan mengurangi rasa percaya diri anda. Tidak hanya mengurangi kecantikan dan penampilan saja, namun berat badan yang berlebih juga dapat menjadi sumber penyakit. Untuk mengatasi hal tersebut, anda dapat mengonsumsi terong ungu secara teratur karena terong jenis ini memiliki kandungan serat dan rendah kalori. Sehingga dapat mengikat lemak jahat dan mengeluarkannya bersamaan dengan feses.

Manfaat Terong Ungu untuk Kecantikan Lainnya :

6. Untuk meremajakan kulit
7. Mengatasi kulit kering
8. Mencegah keriput
9. Menutrisi kulit
10. Melembutkan rambut
11. Memudarkan flek hitam
12. Mengatasi bekas jerawat
13. Menjaga kesehatan wajah dan kulit

Cara Memanfaatkan Terong Ungu untuk Kecantikan :

Teron ini dapat dijadikan masker. Langkah pertama siapkan terong ungu yang sudah dicuci. Kemudian sterilisasikan tangan anda dengan menyemprotkan alkohol kadar 70% di telapak tangan. Selanjutnya kupaslah kulit terong dan jemurlah di bawah terik matahari matahari dengan ditutup kain kasa. Lalu blender sampai menjadi bubuk. Saring bubuk yang paling halus. Campurlah bubuk kulit terong dan tepung beras dengan perbandingan 6:4. Tambahkan 5 tetes essence dan 1 tetes pengawet propilen glikol. Aduk hingga tercampur semua dan siap digunakan.

Efek Samping Terong Ungu :

Efek Samping Terong Ungu

Meskipun khasiat terong ungu banyak sekali, Namun terong terung ungu juga mempunyai efek samping yang dapat merugikan tubuh apabila dikonsumsi secara berlebihan. Sayuran tersebut dapat merangsang menstruasi yang berlebihan. Terong ini tidak disarankan bagi wanita hamil karena dapat menimbulkan masalah keasaman. Menurut India Central Food Research Institute, sayuran itu dapat menimbulkan reaksi alergi.

Selain itu, terong ungu dapat mengganggu cara kerja obat antihipertensi dan antidepresan karena terdapat kandungan tyramine dalam skala kecil yang dapat mempersempit pembuluh darah dan meningkatnya tekanan darah. Sementara untu bayi, terong jenis ini mengandung nitrat alami yang merubah nitrit pada badan kita. Nitrat dapat bereaksi dengan asam amino dan membentuk nitrosamine sehingga tidak aman dikonsumsi oleh bayi.

Pada dasarnya terong jenis ini adalah sayuran yang menyehatkan bagi tubuh. Anda dapat mengonsumsinya 2-3 kali seminggu dengan takaran porsi kecil. Jika tidak ingin terkena efek samping yang dapat merugikan tubuh, maka jangan mengonsumsinya secara berlebihan.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Wortel untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Setelah mengetahui beberapa kandungan gizi, manfaat dan cara penggunaan, serta efek samping dari terong ungu perlu diperhatikan dalam pengonsumsiannya. Dalam mengonsumsi terong warna ungu baik untuk kesehatan maupun kecantikan harus sesuai dengan porsinya, jangan berlebihan agar terhindar dari dampak buruk bagi tubuh kita.

Continue Reading

Lainnya dari Tanaman

Terbaru

Masker Madu, Manfaat Masker Madu, Khasiat Masker Madu
Cream Temulawak, Manfaat Cream Temulawak, Khasiat Cream Temulawak
Gula Aren, Manfaat Gula Aren, Khasiat Gula Aren
Ampas Kopi, Manfaat Ampas Kopi, Khasiat Ampas Kopi
Masker Putih Telur, Manfaat Masker Putih Telur, Khasiat Masker Putih Telur
Ever E, Manfaat Ever E, Khasiat Ever E
Klorofil, Manfaat Klorofil, Khasiat Klorofil
Soman, Manfaat Soman, Khasiat Soman
Bawang Lanang, Manfaat Bawang Lanang, Khasiat Bawang Lanang
Kerjasama, Manfaat Kerjasama, Khasiat Kerjasama
BUncis, Manfaat Buncis, Khasiat Buncis
Pajak, Manfaat Pajak, Jenis Pajak
Intan, Manfaat Intan, Khasiat Intan, Permata
Milagros, Manfaat Milagros, Khasiat Milagros
Lari, Manfaat Lari, Khasiat Lari
Akar Manis, Manfaat Akar Manis, Khasiat Akar Manis
Akar Wangi, Manfaat Akar Wangi, Khasiat Akar Wangi, Tanaman Akar Wangi
Adem Ati, Manfaat Adem Ati, Khasiat Adem Ati
Buah Kesemek, Kesemek, Manfaat Kesemek, Efek Samping Kesemek, Tanaman Kesemek
Daun Wortel, Manfaat Daun Wortel, Khasiat Daun Wortel
To Top