40 Manfaat dan Khasiat Timun Suri untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping - Manfaat Dan Khasiat Terbaru
Connect with us
Timun suri, Manfaat Timun suri, Khasiat Timun suri, Buah Timun suri, Jenis Timun, Tanaman Timun suri

Tanaman

40 Manfaat dan Khasiat Timun Suri untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Timun suri, mentimun suri atau mentimun betik merupakan tanaman tahunan dan sayuran dari anggota labu-labuan yang kaya akan kandungan air. Oleh karena, jenis timun ini sangat cocok sebagai menu buka puasa mengingat bulan puasa akan hadir sebentar lagi. Selain mampu melepas dahaga, manfaat dan khasiat timun untuk kesehatan dan kecantikan juga banyak.

Timun suri, Manfaat Timun suri, Khasiat Timun suri, Buah Timun suri, Jenis Timun, Tanaman Timun suri

Bentuk timun suri sangat mirip seperti semangka atau labu. Namun timun ini memiliki nampak lebih panjang dan berwarna kuning. Daging buah timun suri sangat lembuh dan mudah dicerna saat buahnya sudah matang. Buah yang mengandung air cukup tinggi ini tepat untuk mengganti nutrisi saat berbuka puasa. Banyak masyarakat yang berburu timun suri bukan hanya ingin menikmati rasanya saja, melainkan karena manfaat dan khasiatnya yang baik untuk kesehatan dan juga kecantikan.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Timun Suri :

Buah timun suri memiliki kandungan gizi yang cukup banyak sehingga memiliki segudang manfaat untuk tubuh kita. Kandungan penting tersebut adalah air yang melimpah, lemak, protein, serat, karbohidrat, vitamin, abu, fosfor, kalsium dan juga kalium.

Manfaat Timun Suri untuk Kesehatan :

Setelah kita mengetahui kandungan gizi yang terdapat dalam buah timun suri tersebut, berikut beberapa manfaat penting dari timun suri untuk kesehatan.

Loading...

1. Membantu meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah segar ini diyakini mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Senyawa antioksidan yang terkandung dalam buah ini mampu mengikat serangan radikal bebas dan menguraikannya agar sel tubuh selalu terindungi. Dengan demikian tubuh akan sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

2. Menjaga kesehatan mata

Buah ini mengandung vitamin A yang sangat bagus untuk menyehatkan mata. Jika kita mengkonsumsi buah ini secara rutin maka mata kita akan senantiasa sehat dan terhindar dari rabun mata. Timun suri juga mengandung asam askorbat yang dapat mengurangi kadar retensi air yang bisa membantu menyembuhkan mata yang mulai membengkak.

3. Membantu melancarkan sistem pencernaan

Kandungan serat yang cukup tinggi dalam buah ini bermanfaat untuk mengikat lemak bahkan lemak jahat yang menumpuk di bagian dinding usus. Selain itu, timun suri juga kaya akan kandungan air yang bagus untuk melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh.

4. Mencegah resiko sakit maag

Selain berperan penting untuk melancarkan sistem pencernaan, buah ini juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit magh. Bahkan buah ini juga bagus dikonsumsi bagi penderita tukak lambung untuk meredakan rasa sakitnya. Kandungan antioksidan dan nutrisi dalam buah ini mampu mengurangi infeksi sekaligus mencegah kambuhnya tukak lambung dengan melapisi dinding lambung.

5. Sebagai anti kanker

Senyawa antioksidan dalam timun suri juga sangat bermanfaat sebagai anti kanker alami bagi tubuh.

6. Membantu menjaga kesehatan jantung

Kandungan asam linoleat pada buah ini sangat penting untuk menyehatkan jantung dari berbagai penyakit berbahaya terutama yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi dan kolesterol.

7. Sebagai menu andalan untuk diet

Bagi anda yang sedang mengalami masalah berat badan dan berkeinginan untuk menjalani program diet maka anda bisa memasukkan timun ini sebagai menu diet anda. Buah ini kaya akan kandungan air dan serat sehingga bagus untuk membuat tubuh anda menjadi ideal. Serat akan memberikan rasa kenyang serta menunda lapar, sedangkan kandungan air dalam buah ini mampu merontokkan lemak yang menumpuk di bagian perut.

8. Sebagai sumber energi darurat

Bagi anda yang mungkin saat ini sedang kekurangan energi bahkan ditengah aktivitas yang padat, maka anda bisa mengganjal perut sejenak dengan mengkonsumsi timun ini yang kaya akan kandungan glukosa, serat dan fruktosa. Fruktosa dan glukosa akan mudah larut dan segera diubah menjadi energi, sedangkan lemak akan memberikan rasa kenyang sehingga anda tidak perlu khawatir lagi.

9. Membantu meredakan nyeri sendi

Persendian akan semakin melemah seiring dengan bertambahnya usia. Kebanyakan orang yang sudah berumur sering mengeluh karena merasakan sakit pada persendiannya termasuk masalah reumatik dan encok. Kandungan mineral dari timun suri diyakini mampu menjadi sumber alami untuk mengatasi masalah nyeri sendi.

10. Membantu memperkuat tulang

Kandungan terbaik dari buah ini adalah magnesium dan kalium. Kandungan penting tersebut sangat bagus untuk menyehatkan serta menguatkan tulang. Kalsium merupakan mineral yang penting dalam penyusunan tulans, sedangkan magnesium berperan penting dalam penyerapan kalsium agar lebih maksimal. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi timun suri secara rutin dapat menjadikan tulang kita sehat dan kuat.

Manfaat Timun Suri untuk Kesehatan Lainnya :

11. Membantu meregenerasi sel yang rusak

12. Membantu menjaga kesehatan organ ginjal

13. Menyehatkan gigi dan mulut

14. Sebagai proses detoksifikasi tubuh

15. Membantu mengobati diabetes

16. Membantu meningkatkan daya ingat

17. Mencegah tekanan darah tinggi

18. Membantu menetralkan kolesterol

19. Mencegah dehidrasi

20. Sebagai pelepas dahaga

21. Menyehatkan kuku

22. Sebagai sumber antioksidan

23. Menambah volume rambut

24. Sebagai penangkal radikal bebas

25. Mempertahankan kesehatan kulit

26. Sebagai obat sakit gusi

27. Membasmi cacing pita

28. Sebagai anti radang

29. Melancarkan buang air besar

30. Mencegah sembelit

31. Membantu mengobati encok dan reumatik

32. Mencegah flu

Cara Memanfaatkan Timun Suri untuk Kesehatan

Kandungan gula pada timun suri sangat mudah diserap ditambah lagi buah ini kaya akan air sehingga buah ini sangat cocok disantap sebagai menu berbuka puasa. Dengan kata lain, buah ini sangat bagus untuk mencukupi kebutuhan cairan dan energi selama berpuasa. Namun, bukan berarti buah ini hanya dinikmati pada bulan ramadhan saja, kita bisa menikmati buah ini sekaligus merasakan manfaatnya setiap saat.

Timun suri bisa diolah sebagai minuman segar yang menyehatkan seperti jus, koktil, es buah dan lain-lain.Anda juga bisa mencampurkan timun suri dengan makanan lain seperti kolang-kaling, nata, blewah dan makanan lainnya sebagai isi pudding atau es campur.

Manfaat Timun Suri untuk Kecantikan :

1. Membantu meremajakan kulit

Kulit mengandung banyak mineral yang sangat penting sebagai peremajaan kulit sehingga kulit akan nampak lebih fresh dan sehat.

2. Mencegah flek hitam

Kandungan vitamin dalam buah ini diyakini berperan penting untuk mencegah dan mengatasi masalah flek hitam di wajah.

3. Mengangkat kotoran pada wajah

Timun suri kaya akan kandungan air sehingga mampu mengangkat kotoran yang menempel di wajah.

Cara Memanfaatkan Timun Suri untuk Kecantikan

Timun suri dapat dijadikan sebagai produk kecantikan dengan membuatnya menjadi masker alami yang bermanfaat bagi kesehatan kulit wajah dan tubuh.

Bahan:

1 buah timun suri segar

2 sdm madu murni

Cara membuat:

  1. Potong timun suri menjadi bagian kecil-kecil lalu haluskan dengan cara diblender.
  2. Setelah itu, tambahkan madu dan aduk sampai merata.
  3. Aplikasikan masker timun pada area wajah dan juga leher.
  4. Tunggu hingga masker mengering sekitar 20 menit.
  5. Setelah kering, bilas wajah dengan air hangat.
  6. Lakukan secara rutin dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Anda bisa mengganti madu murni dengan minyak zaitun atau susu murni sebagai variasi.

Efek Samping Timun Suri :

Mengkonsumsi timun suri setelah kita mengkonsumsi laukpauk dan nasi dapat mengakibatkan fermentasi pada perut dan membuat perut terasa sebah.

Bagi penderita diabetes disarankan untuk berhati-hati saat mengkonsumsi timun ini, karena buah ini mengandung gula yang termasuk jenis monosakarida. Gula dalam buah ini bisa menaikkan kadar gula darah dengan cepat dan membahayakan bagi penderita. Dampak buruk lain dari mengkonsumsi timun suri secara berlebihan akan menyebabkan kebotakan.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Terong Ungu untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Timun suri dapat menjadi buah segar kaya akan manfaat untuk teman berbuka anda. Selain mampu melepas dahaga, buah ini akan mencukupi kebutuhan cairan dan energi harian anda.

Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Tanaman

RSS Download Apk

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
DMCA.com Protection Status
To Top