Connect with us

100 Manfaat dan Khasiat Timun untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Tanaman

100 Manfaat dan Khasiat Timun untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Timun – Timun, mentimun, ketimun atau dengan nama ilmiah Cucumis sativus L merupakan tanaman jenis sayur yang berada dalam keluarga labu-labuan. Timun atau mentimun mempunyai fungsi utama sebagai salah satu sayur di makan dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat Indonesia. Namun karena manfaat timun berguna bagi kesehatan dan kecantikan, mentimun juga digunakan sebagai salah satu bahan alami untuk obat dan perawatan kecantikan.

Timun, mentimun, ketimun, Manfaat timun, khasiat timun

Mentimun bukanlah berasal dari Indonesia, melainkan dari peradaban India Utara. Mentimun mempunyai berbagai ukuran, warna, dan bentuk,  serta dapat dengan tumbuh di berbagai kondisi. Salah satunya di Indonesia. Meskipun berasal dari dataran India Utara, mentimun banyak dibudidayakan dan bertumbuh subur di Indonesia. Dengan jumlah dan manfaat timun yang cukup banyak membuat penggunaan sayur ini akrab oleh masyarakat Indonesia.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Timun :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Timun

Timun memiliki berbagai kandungan zat. Terdapat vitamin dalam timun seperti vitamin A, vitamin B,vitamin C, dan vitamin K. Mineral yang terkandung dalam timun adalah silica, kalium, mangan, dan magnesium. Terdapat pula kandungan asam askorbat, asam cafeeic, dan antioksidan. Timun mempunyai kandungan air yang tinggi, kalori yang rendah, dan sifat diuretik. Yaitu adalah sifat adalah suatu hal yang dapat mempercepat produksi urin pada manusia.

Loading...

Manfaat Timun Untuk Kesehatan :

1. Menjaga berat badan

Berat badan adalah masalah yang dihadapi baik wanita maupun pria. Biasanya mereka menjalankan diet untuk menjaga agar berat badan tidak meningkat. Mentimun bisa menjadi salah satu menu diet karena memiliki kalori yang rendah. Selain itu serat timun hampir sama dengan gel dalam usus sehingga dapat memperlambat proses pencernaan. Membuat rasa kenyang akan bertahan lebih lama dan dapat mengontrol hasrat untuk makan.

2. Menjaga kesehatan jantung

Dalam mentimun terdapat zat yang berupa kalium yang cukup tinggi. Kalium dalam kesehatan berfungsi untuk mengatur tekanan darah dalam tubuh. Selain adanya kalium sebagai elektrolit ion positif dalam tubuh harus dipertahankan. Hal ini karena reaksi antara kalium dan zat sodium dalam tubuh akan membuat sebuah rangsangan bekerja untuk kontraksi otot, kontrol saraf, dan fungsi jantung. Sehingga akan membuat jantung tetap sehat.

3. Melindungi dan menjaga kesehatan otak

Otak merupakan bagian penting tubuh kita yang harus dijaga. Karena otak yang akan mengatur akitivitas dan kinerja dalam tubuh. Kandungan mentimun dapat membantu memelihara kesehatan otak. Yaitu adalah zat yang disebut flavanol (fisetin). Memiliki fungsi untuk melindung sel-sel syaraf dalam otak agar tidak mengalami penurunan fungsi seiringan dengan bertambahnya usia. Zat ini juga merangsang kinerja otak dalam penyimpanan memori atau ingatan yang lebih baik

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Timun memiliki dua hal paling penting bagi manusia untuk menjaga kesehatan organ pencernaan mereka. Yaitu adalah serat dan air. Hal ini dikarenakan dua zat tersebut dapat berfungsi membersihkan usus-usus dari racun. Selain itu serat juga dapat memperlambat proses buang air besar. Secara keseluruhan dua zat tersebut akan mempercepat proses pencernaan yang memiliki tanda bahwa pencernaan tersebut adalah pencernaan yang sehat.

5. Baik untuk Kesehatan Gusi dan Gigi

Kesehatan gusi dan gigi tetaplah menjadi hal yang penting walau sering banyak diabaikan oleh masyarakat. Dengan manfaat timun kita dapat menjaga kesehatan gigi dan gusi secara alami. Mengunyah mentimun dapat merangsang kelenjar ludah untuk melakukan produksi lebih banyak sehingga dapat mengurangi zat asam dalam mulut yang otomatis mengurangi pertumbuhan bakteri dan kuman yang tumbuh di dalam mulut.

Manfaat Timun Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mengobati penyakit gusi pyorrhea
7. Melawan pertumbuhan gejala kanker
8. Membantu melawan tanda tanda Alzheirmer
9. Membantu menetralkan toksin dalam tubuh
10. Menjaga kadar air dalam tubuh
11. Menyembuhkan Rematik
12. Menyembuhkan asam urat
13. Membantu meringankan masalah kandung kemih
14. Sebagai perawatan ginjal
15. Membantu kesehatan pasien diabetes
16. Atasi encok dan rematik
17. Membunuh cacing pita
18. Mempercepat proses pencernaan protein
19. Memperkuat jaringan dalam sendi
20. Membantu meratasi peradangan / inflamasi
21. Membantu mengatasi masalah bau mulut
22. Pengobatan pembengkakan selaput lendir hidung dan tenggorokan
23. Meminimalkan efek natrium
24. Melarutkan batu ginjal
25. Membantu menghasilkan sel darah yang sehat
26. Meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh
27. Mengurangi rasa sakit kepala akibat mabuk
28. Pereda stress
29. Membantu melemaskan otot-otot dan indra
30. Keseimbangan hormon
31. Mengobati luka bakar akibat matahari

Cara Memanfaatkan Timun untuk Kesehatan :

Mentimun mempunyai berbagai cara untuk dimanfaatkan. Pemanfaatannya tergantung akan hal yang ingin dirasakan. Jika ingin menjaga kesehatan jantung maka mentimun harus dikonsumsi secara rutin. Jika ingin menggunakan mentimun sebagai pereda stress, mentimun harus direbus dan dihirup uapnya. Namun secara keseluruhan untuk fungsi kesehatan timun harus dikonsumsi, Karena mentimun memberikan perawatan dari dalam tubuh.

Manfaat Timun Untuk Kecantikan :

1. Menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata

Lingkaran hitam di bawah mata atau yang biasa disebut mata panda banyak menjadi masalah terutama bagi kaum wanita. Dengan adanya zat antioksidan dan silica yang tinggi dalam timun dapat membantu menghilangkan lingkar hitam bawah mata. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan menempatkan dua irisan mentimun di atas mata. Diamkan irisan tersebut selama dua puluh menit atau selama semalaman.

2. Menghilangkan bintik hitam di wajah

Noda atau bintik hitam di wajah dianggap menganggu keindahan. Banyak orang yang ingin menghilangkan bintik wajah. Mentimun dapat menjadi salah satu alternatif untuk menghilangkan bintik ini secara alami yaitu dengan memarut timun dan mengoleskan pada wajah.

3. Mengecilkan pori-pori

Manfaat mentimun untuk mengecilkan pori-pori harus dipadukan dengan bahan-bahan lain. Yaitu timun dengan campuran tetes cuka apel, lemon, lidah buaya atau tomat. Dengan penggunaan secara teratur campuran ini akan mengecilkan pori-pori terutama pori-pori pada wajah.

4. Mengatasi wajah berminyak

Wajah berminyak dapat di atasi dengan timun. Salah satu caranya adalah dengan menggunakannya sebagai masker alami. Timun harus diparut dan dicampur dengan satu sendok teh air mawar. Setelah campuran tersebut jadi, usapkan pada daerah T di wajah.

5. Anti penuaan

Hal ini karena mentimun mempunyai zat yaitu caffeic acid dan vitamin C yang memiliki fungsi untuk mencegah penuaan dini dan mengurangi adanya keriput. Timun harus dihancurkan dan dicampur dengan dua sendok makan yogurt. Diaduk hingga kental dan campuran tersebut dioleskan pada wajah.

Manfaat Timun Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menghilangkan kantung mata
7. Memperbaiki warna kulit
8. Mengatasi sengatan matahari
9. Meremajakan kulit
10. Merawat wajah sensitive
11. Mengatasi kulit kering
12. Mengurangi noda
13. Menghidupkan kulit kusam
14. Menghilangkan selulit
15. Menghilangkan bekas jerawat
16. Membantu mengatasi rambut rontok
17. Membuat rambut bercahaya
18. Membantu menghilangkan komedo
19. Membuat kuku bercahaya
20. Memutihkan lipatan pada tubuh

Cara Memanfaatkan Timun untuk Kecantikan :

Timun untuk kesehatan dilakukan untuk perawatan pada bagian tubuh bagian luar. Mentimun dapat langsung diaplikasikan tanpa diberi campuran apapun, untuk menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata, atau dapat digunakan dengan mengolah dan mencampurnya dengan bahan lain.

Efek Samping Timun :

Efek Samping Timun

Segala sesuatu jika dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan efek samping. Sama seperti buah atau sayuran lainnya, jika dikonsumsi secara berlebihan manfaat nyaakan menghilang. Berikut adalah beberapa efek samping dari konsumsi timun.

1. Menyebabkan keracunan
2. Resiko adanya kandungan peptisida tinggi dalam tubuh
3. Menyebabkan perut kembung
4. Menyebabkan banyak gas dalam perut
5. Kelebihan mineral dan vitamin
6. Menghilangkan cairan dalam tubuh
7. Dapat menyebabkan infeksi bakteri E coli
8. Bahaya lapisan lilin yang diberikan oleh perani tidak bertanggung jawab

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Kubis untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Banyaknya manfaat timun, mentimun, ketimun seperti yang sudah dijelaskan di atas serta efek samping jika mengonsumsi berlebihan. Jangan ragu untuk memakan tanaman ini karena khasiatnya memang begitu baik untuk meningkatkan kesehatan dan kecantikan tubuh. Bahkan terkenalnya timun sebagai lalapan. Anda dapat membaca juga informasi tentang manfaat tanaman lainnya.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
3 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Tanaman

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top