Connect with us
Wortel, Manfaat Wortel, Khasiat Wortel

Tanaman

100 Manfaat dan Khasiat Wortel untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Wortel atau Wild carrot merupakan tanaman biennial lebih dikenal sebagai makanan favorit kelinci. Namun, dalam keseharian, sayuran berwarna oranye ini juga biasa dijadikan campuran dan dimasak bersama bahan makanan yang lainnya. Dalam beberapa kesempatan, tidak sedikit orang yang memakan wortel mentah secara langsung atau dijadikan jus.

Wortel, Manfaat Wortel, Khasiat Wortel

Jenis sayuran ini sangat bermanfaat bagi kesehatan maupun kecantikan. Supaya kita bisa mendapatkan manfaat tersebut, kita harus selektif saat memilih sayuran ini baik di pasar ataupun di supermarket. Pilihlah wortel yang ukurannya sedang dan warnanya cerah. Jangan memilih yang jenis dan ukurannya terlalu besar, hal ini ditakutkan ada kemungkinan sayurannya sudah terlalu tua. Jangan pula memilih sayuran ini yang umbinya sudah lembek.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Wortel :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Wortel

Ada banyak sekali kandungan yang terdapat dalam wortel ini. Beberapa diantaranya adalah beta karoten (yang bisa dirubah oleh tubuh menjadi vitamin A), Vitamin C, vitamin K, vitamin B6, kalsium, asam folat, fosfor, mangan, zat besi, kromium, serat, karbohidrat dan seng.

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan :

1. Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C yang ada di dalam sayuran ini membuatnya memiliki sifat antioksidan. Sifat antioksidan inilah yang berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Tak hanya itu saja, wortel bahkan mampu menyembuhkan luka serta peradangan yang diakibatkan oleh virus.

2. Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Wortel sangat kaya vitamin A, sehingga umbi satu ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi secara rutin untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A memang tidak bisa diandalkan untuk mengatasi kebutaan, tetapi sangat ampuh dalam memperbaiki kondisi mata minus ataupun kondisi lain yang diakibatkan oleh kekurangan vitamin ini. Selain itu, sayuran ini juga memiliki kemampuan untuk mencegah degenerasi macula dan katarak.

3. Membantu Mencegah Kanker Paru-Paru

Sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Marilyn Menkes, Ph.D bahwasanya orang yang kadar beta karoten di dalam tubuhnya rendah, beresiko untuk terkena kanker paru-paru. Oleh karena itu, peneliti ini kemudian menganjurkan supaya para perokok mengkonsumsi makanan yang kandungan beta karotennya tinggi termasuk wortel.

4. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol yang tinggi adalah salah satu pemicu penyakit jantung. Tetapi, kadar kolesterol ini bisa diatasi dengan cara mengkonsumsi sayuran ini secara rutin. Dalam wortel terdapat serat larut yang mampu mengikat kolesterol, asam empedu serta lemak, sehingga tidak diserap ketika berada di dalam usus halus melainkan langsung dibuang melalui usus besar. Sebagai pengganti asam empedu, hati akan menarik kolesterol, sehingga kolesterol dalam darah tersebut bisa menurun.

5. Membantu Mengatasi Sembelit

Sayuran jenis ini termasuk sayuran yang kaya akan serat. Serat inilah yang membantu mengatasi sembelit. Kandungan serat dalam wortel ini mampu menaikkan volume feses bahkan hingga 25%, sehingga sembelit tidak akan menjadi masalah lagi.

Manfaat Wortel untuk Kesehatan Lainnya :

6. Membantu melawan penyakit kardiovaskuler
7. Membantu pembentukan sel merah
8. Bisa memenuhi kebutuhan mineral harian
9. Menjaga keseimbangan cairan tubuh
10. Bisa melancarkan ASI
11. Membantu mencegah kanker mulut,
12. Membantuk mencegah kanker tenggorokan,
13. Membantu mencegah kanker payudara
14. Membantu mencegah kanker pankreas
15. Membantu mencegah kanker prostat
16. Bisa membantu mencegah cacat serta kematian akibat stroke
17. Bermanfaat dalam menjaga kesehatan reproduksi
18. Membantu menjaga kesehatan gigi dan tulang
19. Membantu menjaga fungsi otot serta sistem saraf
20. Membantu mencegah penyakit jantung
21. Membantu menghancurkan sel pra-kanker
22. Membantuk mengontrol tekanan darah serta detak jantung
23. Membantu menjaga kesehatan janin dalam kandungan
24. Membantu mencegah pembekuan darah
25. Membantu mencegah diabetes
26. Membantu memecah homosistein
27. Membantu mempercepat penyembuhan luka

Cara Memanfaatkan Wortel untuk Kesehatan :

Wortel bisa dimakan dalam kondisi mentah setelah dicuci bersih ataupun dalam kondisi matang setelah direbus. Tak hanya itu, juga bisa disajikan dalam bentuk jus, dijadikan campuran salad buah, dijadikan campuran dalam sayur sop ataupun sayuran dan makanan lainnya.

Manfaat Wortel untuk Kecantikan :

1. Membantu Mencerahkan Kulit Wajah

Memang di pasaran sudah tersedia krim pencerah kulit wajah dalam berbagai harga dan merk. Namun ternyata jenis sayuran ini juga memiliki kemampuan yang sama dengan berbagai krim tersebut. Penggunaan wortel untuk mencerahkan kulit wajah ini bahkan terhitung jauh lebih aman dibandingkan dengan menggunakan krim pencerah yang belum tentu cocok di kulit.

2. Membantu Mempercepat Penyembuhan Luka di Wajah

Goresan dan jerawat bisa menyebabkan luka di wajah. Supaya luka ini bisa lekas sembuh dan tidak meninggalkan bekas, gunakan saja sayuran ini sebagai bahan untuk merawatnya. Jenis sayuran ini memiliki sifat anti inflamasi yang membuatnya mampu mempercepat proses penyembuhan luka di wajah tersebut. Tak hanya itu saja, wortel ini juga bisa membantu mencegah kemunculan jaringan parut akibat luka itu.

3. Membantu Mengencangkan Kulit Wajah

Kandungan vitamin C yang ada dalam wortel bisa meningkatkan produksi kolagen, dimana kolagen inilah yang akan membantu memelihara kekenyalan serta kekencangan kulit. Dengan begini, masalah penuaan dini tidak perlu dipikirkan lagi, karena dengan menggunakan masker jenis sayuran ini secara teratur, hal tersebut bisa dihindari.

4. Membantu Proses Regenerasi Kulit

Selain bagus untuk menjaga kesehatan mata, kandungan vitamin A dalam wortel juga bisa membantu proses regenerasi kulit. Yang pasti, berkat manfaat yang satu ini, kulit bisa menjadi lebih sehat, halus sekaligus kenyal.

5. Membantu Kulit Wajah Tampak Glowing

Kulit wajah yang glowing tidak hanya bisa didapatkan melalui krim ataupun teknik saat make up, tetapi juga bisa didapatkan secara alami dengan menggunakan wortel. Hal ini tidak lain karena wortel memiliki kandungan beta karoten yang membuatnya kaya akan antioksidan. Antioksidan inilah yang nantinya akan membantu kulit wajah menjadi lebih cerah bercahaya.

Manfaat Wortel untuk Kecantikan Lainnya :

6. Bisa membantu mencegah penuaan dini
7. Bisa membantu memperbaiki jaringan kulit
8. Membantu memberikan perlindungan pada kulit terhadap sinar matahari
9. Mengatasi kulit kering karena memiliki fungsi melembabkan
10. Membantu mengatasi masalah jerawat
11. Membantu menyerap minyak yang berlebih pada wajah
12. Membuat wajah tampak lebih segar
13. Membantu menenangkan kulit wajah
14. Membantu menghilangkan flek hitam
15. Mencegah munculnya penyakit kulit seperti ruam, dermatitis dan eksim
16. Membantu kesuksesan diet karena kaya akan serat namun rendah lemak

Cara Memanfaatkan Wortel untuk Kecantikan :

Untuk mendukung kecantikan, wortel bisa dijadikan sebagai masker. Baik itu hanya dengan menggunakannya secara tunggal tanpa campuran, maupun ditambah dengan bahan lain seperti madu, minyak zaitun, air mawar, susu segar ataupun yang lainnya. Aplikasikan sayuran ini secara rutin, paling tidak seminggu 2 kali supaya hasilnya lebih optimal.

Efek Samping Wortel :

Efek Samping Wortel

Meskipun sayuran ini memiliki sejumlah kandungan yang sangat baik bagi kesehatan dan kecantikan, wortel tetap tidak baik bila dikonsumsi secara berlebihan. Konsumsi yang berlebihan ini akan menyebabkan carotenoderma, yakni suatu kondisi dimana kulit berubah warna menjadi kuning – orange, sebagai akibat dari terlalu banyaknya beta karoten yang diasup ke dalam tubuh.

Baca Juga: Manfaat Okra Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Nah, itulah beberapa manfaat wortel yang harus anda ketahui khususnya dalam bidang kecantikan dan kesehatan. Jika mungkin pada awalnya orang-orang hanya mengetahui khasiat sayuran ini adalah untuk mata, kini anda bisa lebih mengetahui manfaat lainnya.

Continue Reading

Lainnya dari Tanaman

Terbaru

Masker Madu, Manfaat Masker Madu, Khasiat Masker Madu
Cream Temulawak, Manfaat Cream Temulawak, Khasiat Cream Temulawak
Gula Aren, Manfaat Gula Aren, Khasiat Gula Aren
Ampas Kopi, Manfaat Ampas Kopi, Khasiat Ampas Kopi
Masker Putih Telur, Manfaat Masker Putih Telur, Khasiat Masker Putih Telur
Ever E, Manfaat Ever E, Khasiat Ever E
Klorofil, Manfaat Klorofil, Khasiat Klorofil
Soman, Manfaat Soman, Khasiat Soman
Bawang Lanang, Manfaat Bawang Lanang, Khasiat Bawang Lanang
Kerjasama, Manfaat Kerjasama, Khasiat Kerjasama
BUncis, Manfaat Buncis, Khasiat Buncis
Pajak, Manfaat Pajak, Jenis Pajak
Intan, Manfaat Intan, Khasiat Intan, Permata
Milagros, Manfaat Milagros, Khasiat Milagros
Lari, Manfaat Lari, Khasiat Lari
Akar Manis, Manfaat Akar Manis, Khasiat Akar Manis
Akar Wangi, Manfaat Akar Wangi, Khasiat Akar Wangi, Tanaman Akar Wangi
Adem Ati, Manfaat Adem Ati, Khasiat Adem Ati
Buah Kesemek, Kesemek, Manfaat Kesemek, Efek Samping Kesemek, Tanaman Kesemek
Daun Wortel, Manfaat Daun Wortel, Khasiat Daun Wortel
To Top