Connect with us
Internet, Manfaat internet segi pendidikan, ekonomi, bisnis, industri, perdagangan agama, hukum, sosial budaya dan kehidupan sehari-hari.

Teknologi

100 Manfaat dan Khasiat Internet untuk Segala Bidang Serta Dampak Negatif

Internet merupakan singkatan dari interconnection-networking merupakan gabungan dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain. Untuk bisa terhubung dengan yang lain harus memakai standar sistem global Transmission Control Protocol (TCP) atau Internet Protocol (IP). Fungsi keduanya yaitu sebagai protokol pertukaran paket agar bisa melayani atau menservis miliaran pemakai di seluruh penjuru dunia. Manfaat internet sangat banyak dari segi pendidikan, ekonomi, bisnis, industri, perdagangan agama, hukum, sosial budaya dan kehidupan sehari-hari.

Internet, Manfaat internet segi pendidikan, ekonomi, bisnis, industri, perdagangan agama, hukum, sosial budaya dan kehidupan sehari-hari.

Di zaman modern seperti saat ini kebutuhan internet sudah menjadi kebutuhan primer bagi kebanyakan masyarakat di Indonesia. Hampir semua kalangan baik laki-laki maupun perempuan mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga pegawai saat ini memanfaatkan akses tersebut. Banyaknya manfaat yang diperoleh membuat masyarakat tidak bisa terlepas dari internet yang digunakan sebagai penunjang kehidupan mereka.

Daftar Isi Manfaat

Manfaat Internet Bidang Pendidikan :

Anak-Anak :

1. Memudahkan dalam mencari informasi

Internet dapat digunakan oleh anak-anak untuk mencari informasi yang berkaitan dengan pendidikan baik di sekolah maupun di luar sekolah. Kemudahan dalam pencarian informasi ini dapat menjadikan anak semakin berwawasan luas.

2. Menambah ilmu dan pengetahuan

Terkadang banyak pengetahuan yang belum atau tidak disampaikan oleh guru di dalam kelas. Maka dari itu anak dapat memanfaatkan akses internet sebagai media untuk menambah ilmu pengetahuan di luar sekolah.

3. Melatih kecerdasan anak

Anak-anak dapat bermain game yang mendidik seperti, mewarnai, tebak-tebakan, dan lain sebagainya. Permainan seperti itu selain menghibur juga dapat melatih kecerdasan anak dengan cara yang menarik.

Manfaat Internet Bidang Pendidikan untuk Anak-Anak Lainnya :

4. Media hiburan bagi anak-anak
5. Media komunikasi dengan orang tua
6. Melatih kreativitas anak
7. Meningkatkan kemampuan non verbal
8. Aktivitas pembelajaran menjadi lebih menarik

Guru :

1. Sumber mata pelajaran tambahan

Selain pelajaran yang sudah tertera di buku, biasanya guru memberikan ilmu pengetahuan tambahan supaya siswanya mempunyai wawasan luas. Internet inilah yang dimanfaatkan untuk menggali ilmu tambahan yang tidak ada dalam buku pelajaran.

2. Mendukung berbagai kegiatan sekolah

Internet dapat digunakan untuk mendukung kegiatan sekolah, seperti praktik multimedia, ekstrakurikuler, les bahasa inggris, dan lain sebagainya.

3. Media untuk berbagi pengetahuan antar guru

Setiap guru tidak boleh hanya mengandalkan pengetahuan yang dimilikinya, mereka harus tetap berbagi ilmu dengan guru-guru yang lain untuk memperkaya pengetahun dari berbagai bidang.

Manfaat Internet Bidang Pendidikan untuk Guru Lainnya :

4. Media untuk berinovasi di bidang pendidikan
5. Menyimpan informasi data siswa
6. Sebagai media pembelajaran yang mudah
7. Menambah ilmu dan wawasan
8. Media untuk bersilaturrahmi antar guru
9. Mempercepat dalam meng-update bahan pembelajaran
10. Sebagai media promosi kegiatan di sekolah
11. Sebagai media promosi penerimaan siswa baru
12. Membantu pencarian pola pengajaran yang terbaru

Pelajar / Mahasiswa :

1. Sebagai sumber referensi

Terkadang sumber referensi tidak cukup hanya melalui buku saja, pelajar atau mahasiswa sangat memerlukan internet sebagai penunjang karya tulis maupun karya seninya. Untuk penulisan karya tulis biasanya mereka mengambil referensi dari website, e-book, atau blog.

2. Media untuk berkomunikasi

Komunikasi antar pelajar atau mahasiswa sangat penting untuk dijaga. Selain untuk bersilaturrahmi, komunikasi juga dilakukan untuk berbagi informasi terkait dengan ilmu pendidikan.

3. Sebagai media publikasi karya ke masyarakat luas

Sebagai pelajar atau mahasiswa, publikasi karya itu sangat penting untuk dilakukan. Selain untuk mengenalkan karyanya sendiri baik karya tulis maupun karya seni, juga dapat digunakan sebagai media apresiasi kepada masyarakat yang lebih luas.

Manfaat Internet Bidang Pendidikan untuk Pelajar atau Mahasiswa Lainnya:

4. Mempermudah pendidikan jarak jauh
5. Membantu dalam menyelesaikan berbagai tugas
6. Menambah wawasan dan pengetahuan
7. Menambah ilmu yang tidak didapat di sekolah atau perkuliahan
8. Membantu dalam penguasaan bahasa asing
9. Memperbanyak teman
10. Membantu dalam pencarian beasiswa
11. Media hiburan
12. Memudahkan dalam bergabung dengan berbagai komunitas
13. Melatih pelajar atau mahasiswa dalam pengoperasian computer dan aplikasi
14. Sebagai media diskusi
15. Memudahkan dalam mengunggah karya tulis

Orang Tua :

1. Menambah wawasan dan pengetahuan

Tidak hanya pelajar dan mahasiswa saja, orang tua juga membutuhkan pengetahuan yang diakses melalui internet. Seperti pengetahuan tentang bagaimana cara mendidik anak yang baik dan lain sebagainya.

2. Membantu anak dalam menyelesaikan tugas

Orang tua juga dapat membantu anak dalam menyelesaikan tugas sekolah melalui. Bukan berarti orang tua yang mengerjakan tugas anak tetapi orang tua sebagai pemandu jika anak mengalami kesulitan dalam mengerjakannya.

3. Memudahkan dalam pencarian sekolah atau perguruan tinggi terbaik

Setiap orang tua pasti menginginkan lembaga pendidikan yang terbaik bagi anaknya. Kemudahan akses informasi melalui internet ini dapat dimanfaatkan orang tua untuk mencari sekolah atau perguruan tinggi yang berkualitas dan sesuai dengan kemampuan anak.

Manfaat Internet Bidang Pendidikan untuk Orang Tua Lainnya :

4. Membantu dalam memantau aktifitas anak
5. Media berkomunikasi dengan keluarga
6. Media bersilaturrahmi dengan saudara
7. Memantau aktivitas anak

Secara Umum :

Selain beberapa manfaat internet diatas, kemudahan aksesnya juga memberikan manfaat di bidang pendidikan secara umum yaitu, dapat menjadi sumber informasi yang murah. Dengan internet, orang-orang dapat mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya tanpa harus mengeluarkan biaya banyak untuk membeli buku. Dengan adanya akses internet, menjadikan proses belajar mengajar menjadi lebih menarik.

Manfaat Internet Bidang Ekonomi / Bisnis / Industri / Perdagangan :

Pengusaha:

1. Media untuk mempromosikan produk atau jasa

Para pelaku bisnis saat ini tidak harus mengenalkan produknya melalui baliho, pamflet, atau poster-poster yang dipasang dipinggir jalan. Mereka lebih memilih untuk mempromosikannya melalui jejaring sosial. Selain lebih efektif, jangkauannya luas, juga dapat meminimalisir pengeluaran biaya.

2. Sebagai kunci sukses dalam bidang online shop

Bagi paara pengusaha yang memanfaatkan online shop, akses internet menjadi kunci suksesnya karena produk yang dipasarkan berada di dalam dunia maya. Biasanya mereka menggunakan facebook atau instagram sebagai media untuk berpromosi.

3. Memantau proses pengiriman barang

Para pelaku bisnis dapat memanfaatkan fasilitas yang diberikan oleh jasa pengiriman batrang untuk memantau dan memastikan barang kirimannya sampai di tangan konsumen dengan selamat. Karena sampai atau tidaknya barang terntu akan memperngaruhi reputasi perusahaan. Itu semua tentu memerlukan akses internet.

Manfaat Internet Bidang Ekonomi untuk Pengusaha Lainnya :

4. Meningkatkan perkembangan bisnis produk maupun jasa.
5. Memperluas jangkauan bisnis
6. Sebagai sarana untuk mengikuti perkembangan pasar
7. Sebagai sarana untuk menyebarkan informasi lowongan pekerjaan
8. Sebagai media untuk berkomunikasi dengan konsumen
9. Meng-update berita kepada karyawan dengan cepat
10. Meng-update produk atau jasa kepada konsumen dengan cepat
11. Membantu dalam pemantauan kinerja karyawan
12. Mengembangkan kreatifitas dan inovasi
13. Meningkatkan peluang untuk menjaring lebih banyak konsumen

Karyawan :

1. Memudahkan dalam mencari lowongan pekerjaan

Bagi para pengangguran, kemudahan akses jaringan seluruh dunia ini dapat dimanfaatkan untuk mencari lowongan pekerjaaan yang sesuai dengan skiil hanya dalam satu genggaman.

2. Media komunikasi antar karyawan

Para karyawan biasanya saling berkomunikasi entah hanya sekedar menanyakan kabar ataupun untuk bertukar informasi mengenai pekerjaan.

3. Untuk meng-update informasi terkini terkait dengan perusahaan

Biasanya setiap perusahaan mempunyai informasi terkait dengan perkembangan perusahaan atau perkembangan karyawan. Dengan kemudahan internet, informasi tersebut dapat menyebar ke seluruh karyawan dengan sekejap.

Manfaat Internet Bidang Ekonomi untuk karyawan Lainnya :

4. Media komunikasi antar karyawan dengan atasan
5. Mendukung dalam meningkatkan skil
6. Menambah wawasan dan pengetahuan
7. Sebagai sarana untuk berinovasi dalam pekerjaan

Secara Umum:

Selain beberapa manfaat yang telah disebutkan diatas, manfaat internet secara umum yaitu, dengan cepat meng-update informasi mengenai apa saja yang sedang menjadi tren pasar. Pelaku bisnis juga dapat melakukan analisa pasar dengan cepat untuk mengembangkan produk-produk yang dijual. Komunikasi yang cepat dan kemudahan pengiriman barang menjadikan perusahaan dapat menekan biaya pengeluaran dan meningkatkan pendapatan.

Manfaat Internet Bidang Pemerintah :

1. Meng-update berita tentang pemerintahan

Di dalam pemerintahan biasanya selalu ada informasi-informasi terbaru yang harus disampaikan kepada masyarakat luas. Akses internet ini sangat membantu pemerintah dalam menyalurkan informasi tersebut.

2. Memudahkan masyarakat dalam menyampaikan aspirasinya

Dengan adanya akses internet, masyarakat diberi kemudaha dalam menyampaikan aspirasinya tanpa harus mendatangi kantor pemerintahan dan mengeluarkan biaya akomodasi.

Manfaat Internet Bidang Pemerintah Lainnya:

3. Sebagai sumber penyedia informasi yang resmi
4. Sebagai sarana promosi
5. Memudahkan dalam mengkoordinasi kegiatan
6. Mempermudah dalam penyebaran berita baru
7. Memudahkan pemerintah dlam berkampanye
8. Sistem adimistrasi menjadi lebih mudah
9. Menyimpan data penting kepemerintahan
10. Mendorong transparansi atau keterbukaan informasi
11. Biaya operasional menjadi lebih hemat
12. Sebagai media untuk berpromosi

Manfaat Internet Bidang Agama :

1. Mempermudah dalam menyiarkan agama

Saat ini banyak tokoh agama yang berdakwah dengan memanfaatkan akses internet, melalui Youtube misalnya. Hal ini tentu lebih efektif bagi masyarakat yang mempunyai mobilitas tinggi. Selain itu materi dakwah juga dapat disimpan dan dilihat kembali kapanpun.

2. Sebagai sarana diskusi keagamaan jarak jauh

Internet memberikan kemudahan dalam membentuk forum diskusi keagamaan di dunia maya. Banyak berbagai forum yang bisa anda ikuti, saling berdiskusi, dan bertemu orang-orang baru.

3. Memberikan informasi terbaru tentang keagamaan di seluruh dunia

Tidak perlu menonton TV atau membaca berita di koran lagi untuk mengetahui informasi terbaru di seluruh dunia. Hanya dengan menulis kata kunci di web pencarian seperti google, anda sudah bisa mengetahui berbagai berita terkini.

Manfaat Internet Bidang Hukum:

1. Memudahkan dalam menyebarkan berita terbaru
2. Untuk menyampaikan informasi penting dalam waktu yang cepat
3. Membantu dalam mengungkap suatu kasus
4. Mendukung kemudahan pelayanan publik
5. Mendukung dalam transparansi penegak hukum
6. Mendukung sistem teknologi informasi di pengadilan

Manfaat Internet Bidang Sosial Budaya :

1. Menjalin silaturrahmi melalui jejaring sosial
2. Memperbanyak teman
3. Mendukung dalam berbagai kegiatan sosial
4. Sebagai media untuk mempromosikan budaya di daerah masing-masing
5. Sebagai media untuk melestarikan kebudayaan Indonesia
6. Sebagai wadah untuk berdiskusi
7. Memudahkan dalam pencarian informasi tentang kebudayaan tertentu
8. Sebagai ajang apresiasi

Manfaat Internet untuk Kehidupan Sehari Hari :

1. Menambah wawasan dan pengetahuan
2. Sebagai media untuk bersosialisasi dengan masyarakat
3. Sebagai media untuk saling berbagi informasi
4. Sebagai media pembelajaran secara online
5. Dapat mendekatkan hubungan kekerabatan yang jauh
6. Sebagai lahan mencari informasi pekerjaan
7. Menawarkan kemudahan dalam berbelanja sehari-hari
8. Sebagai media hiburan

Dampak Negatif Penggunaan Internet :

1. Pornografi
2. Mengakibatkan seseorang kecanduan internet yang berlebih
3. Meningkatkan kemalasan
4. Maraknya judi online
5. Terjadi penipuan
6. Banyaknya tindakan kriminal
7. Banyaknya hoax atau penyebaan informasi palsu
8. Terciptanya individualism
9. Menjadikan hidup semakin boros
10. Mengganggu kesehatan tubuh
11. Tingkat konsentrasi anak menjadi menurun
12. Membuang waktu tanpa ada manfaatnya
13. Terjadi perselingkuhan

Itulah manfaat internet dari berbagai bidang, meskipun akses jaringan seluruh dunia ini memberikan banyak pengaruh positif, namun kita harus tetap bijak dan berhati dalam memanfaatkannya supaya tidak terjerumus ke dalam pengaruh negatif dari internet.  Anda dapat melihat dan mencari informasi manfaat teknologi lainnya bagi kecantikan.

Continue Reading

Lainnya dari Teknologi

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top