40 Manfaat Jaringan Komputer untuk Perusahaan, Sekolah dan Masyarakat Umum - Manfaat Dan Khasiat Terbaru
Connect with us
Jaringan komputer, Manfaat Jaringan komputer, Macam Jaringan komputer, Khasiat Jaringan komputer

Teknologi

40 Manfaat Jaringan Komputer untuk Perusahaan, Sekolah dan Masyarakat Umum

Jaringan komputer pertama kali digagas oleh proyek pengembangan komputer model I di Laboratorium Bell di Unviersitas Harvard, Amerika Serikat yang dipimpin oleh Profesor Howard Aiken pada tahun 1940-an. Jaringan yang dapat dihubungkan baik melalui kabel maupun nirkabel ini merupakan jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data.

Jaringan komputer, Manfaat Jaringan komputer, Macam Jaringan komputer, Khasiat Jaringan komputer

Agar dapat mencapai tujuan dengan cepat, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service) dengan pihak penerima disebut sebagai client sedangkan pemberi atau pengirim layanan tersebut disebut server. Sistem client-server ini digunakan hampir di seluruh aplikasi jaringan komputer. Perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer sederhana.

Jenis Jaringan Komputer :

A. Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan Geografis :

1. Wide Area Network (WAN)

Jenis jaringan komputer ini sebagaimana namanya memiliki cakupan yang paling luas dari menghubungkan suatu kota di suatu wilayah, antar negara hingga antar benua sekalipun.

2. Metropolitan Area Network

Jenis jaringan yang satu ini khusus menghubungkan suatu kota dengan kota lain. Kelebihan dari WAN ini adalah jangkauannya yang mencapai 10 – 50 km dengan kecepatan transfer data yang cukup tinggi. MAN ini juga dapat menghubungkan lokasi seperti kampus, sekolah, kantor perusahaan hingga kantor pemerintahan dari kota lain.

Loading...

3. Local Area Network (LAN)

LAN memiliki cakupan wilayah yang lebih sempit dibanding WAN. LAN biasanya dijumpai maupun dipasang di kampus, sekolah, maupun perkantoran di wilayah lokal dengan jarak maksimal 1 km2. Jaringan LAN biasanya menggunakan teknologi IEEE 802.3 ethernet dengan kecepatan transfer data berkisar 10, 100 bahkan 1000 mb/s. Selain Ethernet, teknologi nirkabel seperti wifi juga sering digunakan.

4. Personal Area Network (PAN)

Berbeda dengan tiga jenis jaringan komputer di atas yang digunakan dengan sistem sharing masyarakat luas, sesuai dengan namanya, personal, jaringan ini hanya dipakai untuk cakupan pribadi. Jaringan komputer ini dihubungkan diantara dua atau lebih sistem komputer yang berjarak tidak terlalu jauh dengan kisaran jarak 4 sampai 6 meter. Tethering HP untuk laptop merupakan hal yang paling umum.

B. Jaringan Komputer Berdasarkan Fungsi :

1. Jaringan client-server

Jaringan jenis ini pada dasarnya hanya membutuhkan satu komputer sebagai server dari komputer lainnya yang berfungsi sebagai klien. konfigurasi komputer server biasanya lebih dari konfigurasi komputer klien baik dari segi kapasitas memori, kapasitas cakram keras (harddisk), maupun kecepatan prosessornya. Semua permintaan layanan dari komputer klien harus dilewatkan ke komputer server yang akan mengatur pelayanannya.

2. Jaringan ujung ke ujung (peer to peer)

Jaringan ini biasanya diterapkan pada pada jumlah komputer yang tidak terlalu banyak, maksimal 25, serta membutuhkan komputer-komputer saling mendukung, sehingga setiap komputer dapat meminta pemakaian bersama sumberdaya dari komputer lainnya dimana juga harus melayani permintaan dari komputer lainnya.

Berdasarkan distribusi atau sumber informasi :

1. Jaringan terpusat

Jaringan terpusat disebut dengan istilah dumb terminal (terminal bisu) karena terminal ini tidak memiliki alat untuk memproses data. Jaringan ini terdapat server dank lien dimana komputer klien bertugas sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi atau data yang berasal dari komputer server.

2. Jaringan terdistribusi

Jaringan ini merupakan gabungan dari beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat jaringan komputer server yang saling berhubungan dengan klien membentuk sistem jaringan tertentu.

Jaringan Komputer Berdasarkan Media Transmisi Data :

1. Jaringan berkabel (wired network)

Dalam jaringan ini untuk dapat menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan yang berfungsi untuk mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.

2. Jaringan nirkabel (Wifi)

Jaringan ini hanya memerlukan medium elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar jaringan komputer. Jadi penggunaan kabel sama sekali tidak diperlukan.

Jaringan Komputer Berdasarkan Topologi Jaringan Yang Digunakan :

1. Topologi bus

Untuk dapat mebgubungkan jaringan komputer satu sama lain melalui topologi bus ini memerlukan T-Connector (dengan terminator 5010000 0ohm pada ujung network).

2. Topologi bintang

Topologi ini merupakan bentuk topologi jaringan berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Topologi bintang termasuk dalam golongan topologi dengan biaya menengah.

3. Topologi cincin

Topologi cincin merupakan topologi berbentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung ke dua titik lainnya hingga membentuk jalur melingkar membentuk cincin.

4. Topologi mesh

Topologi yang memiliki nama lain jala ini merupakan suatu bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan.

5. Topologi pohon

Toplogi pohon merupakan kombinasi dari karakteristik topologi bintang dan topologi bus yang biasanya untuk interkoneksi antar sentral dengan hierarki yang berbeda.

6. Topologi linier

Dapat disebut sebagai topologi runtut, topologi ini memiliki satu kabel utama yang menghubungkan tiap titik sambungan (komputer) yang dihubungkan dengan penyambung yang disebut dengan Penyambung-T.

Manfaat Jaringan Komputer untuk Perusahaan :

1. Menjaga data perusahaan yang sifatnya rahasia

Jaringan komputer dapat bermanfaat sebagai protector yang biasanya menggunakan jaringan LAN sehingga hanya komputer yang terhubung ke dalam jaringan itu saja yang bisa membuka dan juga mengakses data. pemberian atau sharing files dengan menggunakan jaringan komputer juga akan menjadi lebih aman untuk menghindari ancaman hacking.

2. Mempercepat arus informasi

Dengan menggunakan jaringan komputer, perusahaan dapat dengan mudah mengakses segala bentuk informasi untuk kepentingan target dan pemenuhan kewajiban perusahaan dengan tepat waktu. Semakin cepat kinerja dan target yang tercapai, semakin mendorong perusahaan mendapat citra dan feedback yang baik.

3. Memudahkan komunikasi antar karyawan dan divisi

Komunikasi dan kerja sama tim merupakan hal yang penting dalam perusahaan. Jaringan komputer dapat membantu melancarkan proses komunikasi antar karyawan dalam divisi yang berbeda sehingga dapat mendorong kapasitas dan kredibilitas perusahaan.

4. Memudahkan berbagi data

Perusahaan seringkali menyimpan banyak dokumen penting baik untuk laporan, rekapan maupun keperluan penting lain. Dengan teknologi jaringan komputer, karyawan tidak perlu menggunakan kaki mereka untuk saling bertukar data, namun hanya tinggal sekali klik dan data akan terkirim.

5. Mempermudah akses data ke dalam server

Dengan adanya server, maka semua data – data penting perusahaan ataupun instansi akan menjadi lebih mudah diakses. Melalui jaringan komputer akses informasi antar karyawan maupun laporan dapat lebih mudah dan cepat.

Manfaat Jaringan Komputer untuk Perusahaan :

6. Dapat mengintegrasi data dengan mudah
7. Dapat menghemat biaya
8. Memudahkan akses sumber daya
9. Pergerakan lebih cepat dan efisien
10. Menghemat tenaga
11. Kebutuhan akses dengan perusahaan lain
12. Mempermudah kerja sama
13. Mempermudah pemantauan dan pemeriksaan
14. Mempermudah interaksi dengan klien

Manfaat Jaringan Komputer untuk Sekolah :

1. Akses informasi lebih luas

Saat ini murid-murid dari SD hingga perguruan tinggi seringkali ditugaskan mencari sesuatu dimana tidak semuanya terdapat dalam buku dan jika pun ada akan sangat sulit diakses. Melalui jaringan komputer, akses informasi kapan saja dan dimana saja dapat dengan mudah, hemat dan data yang didapatkan pastinya valid.

2. Sarana bertukar data dan informasi

Tidak ada murid atau pun mahasiswa yang tidak memlilik satu pun media sosial. Kegunaan media sosial ini sangat diperlukan untuk saling bertukar informasi dan data tugas dibanding dengan SMS yang memerlukan biaya mahal.

3. Sebagai sarana belajar online

Di zaman yang canggih ini, kehadiran tidak terlalu diperhatikan karena ada kemudahan dengan belajar online.

4. Memperoleh banyak teman

Kemudahan bersosialisasi dengan adanya media-media sosial seperti WA, line, Facebook, twitter, instagram membuat murid dapat senantiasa memperoleh banyak teman.

5. Ajang diskusi dan belajar bersama

Melalui seminar online, murid dapat berinteraksi dengan murid lain di luar kota hingga luar negeri dengan mudah.

Manfaat Jaringan Komputer untuk Sekolah :

6. Berlatih sosialisasi menggunakan bahasa asing
7. Mendapat informasi yang up to date
8. Menciptakan suasana pertemanan
9. Memudahkan sosialisasi dan kerja sama
10. Mempelajari sesuatu dari negara lain
11. Meningkatkan kreativitas
12. Memudahkan dalam mengerjakan tugas

Manfaat Jaringan Komputer untuk Masyarakat Umum :

1. Mempermudah akses dengan dunia luar

Seiring kemajuan teknologi yang ditandai dengan arus globalisasi yang merajalela pada awal tahu 1990-an, segala akses kebutuhan manusia menjadi lebih mudah hingga dunia terasa sempit. Jaringan komputer mampu menghubungkan masyarakat yang berada di utara ke selatan maupun dari barat ke timur dengan hanya melalui gelombang elektromagnetik.

2. Kebutuhan surat elektronik atau e-mail

E-mail seringkali digunakan untuk berkirim surat secara resmi terhadap suatu pihak, perusahaan maupun pemerintah tanpa perlu menulis manual dan mengirimkannya melalui tangan-tangan visible yang membutuhkan waktu lama. Melalui jaringan komputer, masyarakat dapat berikirm e-mail dan hanya memerlukan waktu sebentar untuk dibalas.

3. Bersosialiasi online

Kini, masyarakat tidak dihebohkan lagi dengan pertemanan lintas negara bahkan benus. Kemudahan bersosialisasi dengan adanya media-media sosial seperti WA, line, Facebook, twitter, instagram dan masih banyak lagi membuat masyarakat tidak mengenal batas, waktu dan tempat untuk dapat berbagi cerita dan pengalamannya.

4. Mengadakan forum diskusi bersama

Diskusi merupakan sarana penting dalam masyarakat untuk dapat saling mengenal perbedaan. Jaringan komputer dapat mempermudah komunikasi sehingga proses diskusi dapat lancar dan membawa manfaat bagi para peserta.

5. Kepentingan e-commerce

Tidak hanya informasi saja yang dengan mudah diakses tanpa berpindah tempat, saat ini barang pun dapat diakses dan dibeli tanpa harus repot-repot mengantri dan memilih barang di supermarket. Kecanggihan teknologi mulai dimanfaatkan masyarakat untuk berbisnis secara online dengan transaksi yang lebih mudah.

Manfaat Jaringan Komputer untuk Masyarakat Umum :

6. Mempelajari budaya baru
7. Memperoleh informasi dan koneksi lebih luas
8. Menjadi eksis dan trendy
9. Mengetahui pengetahuan lebih
10. Memperoleh keuntungan finansial lebih dengan berdagang online
11. Mendapat berita terkini
12. Dapat video call
13. Melakukan video conference
14. Internet telephone

Cara Membuat Jaringan Komputer :

  1. Siapkan peralatan yang digunakan berupa kabel UTP (maks 100m), konektor Rj45, tang krimping, test signal, dan hub.
  2. Kupas kabel UTP di kedua ujungnya (jangan sampai kabel kecil didalamnya sobek).
  3. Urutkan kabel sesuai dengan fungsi.
  4. Ratakan, lalu masukkan ke konketor Rj45.
  5. Tekan menggunakan tang krimping.
  6. Lalu lakukan tes dengan alat test signal untuk memastikan apakah sudah benar tersambung.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Internet untuk Segala Bidang Serta Dampak Negatif

Seperti yang kita pahami bahwa, jaringan komputer adalah jaringan yang saling terkait satu sama lain. Fungsi utama dari jaringan tersebut yaitu menghubungkan satu perangkat ke perangkat yang lain. Manfaat dari keterkaitan tersebut  untuk berbagi informasi penting atau umum. Dengan adanya jaringan komputer sebuah pekerjaan dapat selesai dengan cepat dan mudah.

Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Teknologi

RSS Download Apk

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
DMCA.com Protection Status
To Top