Connect with us
Komputer, Manfaat Komputer, Jenis Komputer, Sejarah Komputer

Teknologi

101 Sejarah, Jenis, Komponen dan Manfaat Komputer dalam Semua Bidang Serta Efek Sampingnya

Komputer menjadi salah satu alat teknologi perangkat keras dan lunak yang sekarang ini banyak digunakan dalam keseharian banyak orang. Manfaatnya sendiri sangat penting untuk sebagian orang karena membantu dalam pekerjaan administrasinya. Komputer merupakan sebuah alat yang berfungsi utama untuk mengelola data. Selain itu, alat ini pertama kali digunakan dalam penghitungan aritmatika sehingga pada zaman dulu, komputer juga dikenal sebagai alat hitung yang sangat berguna dalam dunia perdangan dan sejenisnya.

Komputer, Manfaat Komputer, Jenis Komputer, Sejarah Komputer

Komputer sendiri bisa digunakan dalam membantu dalam pekerjaan kantoran. Namun seiring perkembangan zaman, teknologi kekinian ini kini banyak dijadikan sebagai salah satu alat untuk mengakses internet, main game, desain, dan membuat animasi. Tidak hanya didukung dengan perkembangan hadware dari sebuah komputer, perkembangan pada bagian software juga terus berkembang seiring zaman.

Daftar Isi Manfaat

Sejarah Komputer :

Sejarahnya sendiri mencakup beberapa pembagian menurut generasi yang berhasil dikembangkan. Sampai saat ini, komputer telah berkembang hingga generasi ke-5 yang saat ini banyak kita temui. Komputer generasi pertama tercipta tak jauh pada saat perang dunia ke-2. Pada tahun sekitar 1941, seorang insinyur bernama Konrad Zuse membuat sebuah komputer, Z3. Gunanya untuk mendesain pesawat terbang serta peluru yang terkendali.

Sedangkan pada pihak sekutu juga melakukan kemajuan dalam pengembangan suatu komputer. Di Inggris pada tahun 1943, Inggris berhasil membuat komputer yang digunakan untuk alat pemecah kode rahasia yang pada saat itu digunakan dalam meobobl sistem pertahanan. Komputer tersebut digunakan oleh Jerman. Namun pembuatan teknologi yang bernama Colossus ini tidak bisa berkembang lagi karena alasan general purpose computer atau bukan komputer serba guna.

Seiring berjalannya wakut, perkembangan komputer berlanjut ke ENIAC, Numerical Integrator and Computer. Komputer ini dibuat dengan kerja sama University of Penssylvania dengan Amerika Serikat sehingga terciptalah sebuah alat yang terdiri dari 5 juta titik solder, 18 ribu tabung vakum, serta 70 ribu resistor. Komputer tersebut di sebut-sebut komputer dengan daya pemakaian yang sangat besar yakni mencapai 160 kW.

Sekitar tahun 1940-an, John von Neumann bergabung dengan Unversity of Pennsylvania untuk pembangungan komputer untuk 40 tahun mendatang. Terciptalah EDVAC yang didesain langsung oleh Neumann. Terjadi kemajuan pada sistem komputer di mana data dapat tersave saat komputer mati dan melanjutkannya kembali ketika hidup kembali. UNIVAC I dibuat oleh Remington Rand yang bisa membuat mesin serba guna atau komputer serba guna.

Pada tahun 1948, komputer generasi ke-2 mulai terbentuk. Sebuah penemuan transistor bisa mempengaruhi sebuah perkembangan komputer. Transistor ini menggantukan tube yang ada pada radio, televisi, dan komputer itu sendiri. Akibatnya, ukuran dari sebuah komputer bisa ditekan sekecil-kecilnya pada zaman itu. Transistor seperti ini kemudian mulai digunakan untuk komputer pada tahun 1956 yang membuat ruang komputer menjadi sangat terhemat.

Pertama kali dalam penggunaan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat salah satu komputer yang berbasis superkomputer bernama Stretch. Sedangkan Sprery-Rand membuat sebuah komputer yang dinamakan LARC. Komputer ini disebut mampi dalam menangani sejumlah data besar sehingga sangat membantu dalam penelitian atom. Namun, mesin ini digadang-gadang sangat mahal sehingga hanya diincar oleh para pemain bisnis. Hal ini membuat komputer generasi ke-2 kurang populer.

Pada tahun awal 1960-an, sudah banyak komputer generasi ke dua yang sukses dalam bidang bisnis. Banyak juga yang menggunakannya di universitas dan pemerintahan. Pada tahun kisaran 1960-an, tercipta sebuah komputer yang secara sempurna disebut komputer generasi ke-2 taitu 1401. Pada generasi ke-3, terjadi perkembangan yang dilakukan oleh IC, integrated circuit pada tahun sekitar 1958. IC berusaha mengabungkan tiga komponene elektronik dalam satu piringan silikon kecil. Hasilnya, perkembangan komputer menjadi lebih kecil daripada generasi sebelumnya.

Selain itu, kemajuan yang dirasakan dari generasi ke-3 adalah adanya OS atau operation system yang sudah ada pada komputer tersebut. Setelah IC, perkembangan menjadi makin membaki setelah Large Scale Integration ditetapkan. LSI ini dapat memuat puluhan bahkan ratusan komponen pada satu chip. Very Large Scale Integration atau VLSI mampu berkembang hingga memuat ribuan komponene pada satu chip tunggal.

Semakin berkembang, terciptalah Ultra Large Scale Integration atau ULSI yang mampu meningkatkan komponen dalam satu chip menyentuh angka jutaan. Peningkatan makin terasa ketika sudah ada perkembangan multiprocessor dan perkembangan perangkat lunak seperti word processing. Generasi ke-4 juga menjadi salah satu masa pengenalan PC atau personal computer di muka umum, ditambah kehadiran sebuah video game seperti atari 2600 yang benar-benar menarik perhatian banyak orang.

Jika dipandang dari zaman sekarang, beberapa IBM CPU masih dikenal seperti seri pentium, AMD K6, Athlon, dan lainnya. Pada generasi ke-5, perkembangan komputer sudah sampai yang sering kita lihat di zaman ini. Terciptanya beberapa komponen seperti processor Intel, AMD, serta komponen lainnya menjadi perwujudan generasi ke-5 yang semakin maju hingga sekarang.

Jenis-Jenis Komputer:

Komputer jika dibedakan dalam kelompok jenis, memiliki tiga macam jenis dari komputer berdasarkan golongan atau prinsipnya.

Jenis Komputer Berdasarkan Prinsip Operasional (Operasional Principle) :

1. Komputer Analog

Biasanya jenis komputer satu ini ditujukan untuk menangkap sinyal analog sehingga membantu dalam pekerjaan pengelolahan atau pengecekan data yang pada dasarnya tak berbentuk angka. Data yang diproses ini bergelombang, karena itulah komputer ini akan menampilkan visual data secara komplit sesuai dengan keadaan data tersebut. Beberapa contoh dalam penggunaan ini adalah pengecekan suhu pada ruangan atau dalam suatu teknologi dan juga suatu alat.

2. Komputer Digital

Jenis yang satu ini cukup banyak ditemukan untuk sekarang. Fungsinya adalah untuk mengelolah data yang umumnya bersifat kuantitatif seperti bentuk hurus, tanda baca, atau kah angka. Tidak hanya itu, computer jenis yang satu ini juga mampu mengelolah data yang lebih banyak dengan sifat kuantitatif.

3. Komputer Hybrid

Sebuah gabungan dari komputer analog dan digital. Fungsinya sendiri menyangkup kedua jenis komputer di atas, yaitu bisa melakukan proses mengelola signal analog menuju ke digital dan begitu juga sebaliknya. Penggunaan computer seperti ini lebih baik dari jenis sebelumnya karena merupakan penggabungan dua fungsi dalam satu computer induk.

Jenis Komputer Menurut Daya Pengelolahan :

1. Komputer Mainframe

Komputer ini memiliki skala besar dengan berat yang besar juga. Biasanya dipergunakan dalam perusahaan atau suatu organisasi untuk mengelolah aplikasi berat untuk mengontrol pekerjaan pekerja atau mesin. Biasanya digunakan untuk mengetahui hasil sensus, riset penelitian, transaksi finansial, atau segala urusan kemiliteran.

2. Mikrokomputer

Komputer jenis ini biasanya difokuskan pada satu pengguna saja, berbeda dengan mainframe yang biasa dikerjakan sebagai alat perusahaan. Penggunaannya sendiri cukup mudah dengan bantuan OS didalamnya. Komputer ini memungkinkan untuk berientraksi langsung dengan pengguna.

Jenis Komputer Menurut Penggunaan Pribadi (Personal Computer) :

1. Komputer Kantoran (Workstation Computer)

Komputer jenis ini biasanya diletakkan pada kantor dan hanya ditujukan untuk hubungan-hubungan administrasi kanto saja. Dalam beberapa komputer kantor ini, banyak yang menghubungkannya satu sama lain menggunakan server. Komputer seperti ini biasanya disediakan oleh perusahaan kemudian diaplikasikan oleh kariawannya untuk melakukan tugas dalam bidang-bidang tertentu untuk mempermudah pekerjaannya. Komputer seperti ini bekerja secara bersamaan dan ukurannya cenderung lebih besar dibandingkan dengan jenis komputer lainnya. Beberapa jenis komputer lainnya yang ada pada perusahaan adalah Embedded System.

2. Komputer Pribadi (PC, Personal Computer)

Berbeda dengan komputer kantoran, PC di desain lebih ramping dan mudah dalam manajemen kabelnya. Biasanya PC ditemukan dalam rumah-rumah sebagai komputer pribadi. Namun, penggunaan PC juga banyak digunakan dalam sekolah karena ukuran dan daya yang lumayan irit serta memiliki kemampuan system yang lebih handal. Penggunaan PC ini bisa digunakan untuk bermain game atau desain dan mudah dalam membongkar serta merakitnya.

3. Laptop/Netbook

Laptop dianggap sebuah perwujudan dari PC namun dengan ukuran yang jauh lebih kecil dari PC. Hal yang menarik dari Laptop adalah system yang ada didalamnya sama seperti PC pada umumnya yang memiliki OS serta software umum lainnya. Namun, tidak seperti PC atau komputer kantoran yang lebih tahan lama dalam penggunaan jangka panjang, laptop cenderung cepat rusak ketika melakukan akvitias yang menyangkut kerja grapich card dan processor yang tinggi. Namun semua itu tergantung dari spesifikasi yang digunakan.

4. Server

Biasanya digunakan sebagai penyedia layanan jaringan kepada klien. Komputer seperti ini didesain lebih kokoh dan tahan akan bencana alam dan cenderung memiliki ukuran besar. Prosessor yang digunakan tahan banting dan mampu menyimpan data lebih banyak.

5. Komputer Tablet

Seperti sekarang ini, Apple iPad menjadi salah satu brand teknologi yang mengusung komputer tablet didalam produknya. Bisa juga disebut sebagai komputer bergerak dan memiliki layar dengan teknologi lebih maju di mana bisa merespon sentuhan untuk mengontrolnya termasuk keyboard di dalam layar tersebut.

Komponen Dalam Komputer:

Komputer memiliki beberapa komponen baik itu hardware dan software untuk bisa menjalankannya dengan sempurna. Hal yang pertama kali yang harus disiapkan adalah hardware karena merupakan bagian part wajib yang harus ada dalam sebuah komputer baik itu PC atau laptop. Berikut ini adalah komponen-komponen dalam sebuah komputer:

1 Processor/CPU

Processor bisa dibilang otaknya sebuah computer. Chip processor bekerja sebagai pengelolah data sesuai dengan namanya yaitu CPU (Central Processing Uni). Dalam semua fungsi dari komputer, harus memerlukan yang namanya CPU. Sifat dari CPU ini adalah wajib, apabila tidak ada CPU maka komputer tersebut tak akan menyala. Beberapa processor yang kita kenal sekarang ini adalah Intel baik itu seri i3, i5, i7, atau seri terbaru yang sudah sangat mencukupi dalam meningkatkan performa dari PC/komputer itu sendiri yaitu i9.

2. Memory/RAM

RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory. Bisa diartikan sebagai penyimpanan data sementara aplikasi atau software yang sedang berjalan. Semakin berkurang sisa kapasitasi dari sebuah RAM, semakin Lag sebuah software yang berjalan karena kurangnya RAM. Seiring perkembangan zaman, RAM memiliki banyak jenis yang pada umumnya dilihat dari kecepatan serta ukurannya seperti RAM 2GB, 4GB, 8GB, dan seterusnya. Semakin tinggi kapasitasi dari sebuah RAM, semakin lancar dalam membuka aplikasi yang memerlukan RAM tinggi.

3. Harddisk/SSD

HDD atau SSD merupakan teknologi yang ada pada sebuah komputer dengan fungsi utama sebagai penyimpanan data. Sama dengan processor atau RAM, HDD ini wajib dimiliki oleh sebuah komputer. Perbedaan HDD dengan SSD pun berbeda karena SSD merupakan teknologi penyimpanan data terbaru yang diklaim memiliki kinerja lebih baik daripada HDD. Hal yang dilihat dari sebuah HDD adalah kapasitas serta kecepatan piringan atau rpmnya. Semakin besar rpm dan kapasitasnya, semakin tinggi performanya. Untuk sekarang ini, penggunaan HDD 720RPM dengan kapasitas 500GB menjadi hal yang sering dijumpai pada PC atau Komputer.

4. Motherboard

Motherboard merupakan tempat dari semua komponen wajib seperti HDD, CPU, GPU, RAM, dan lainnya. Perkembangan untuk motherboard semakin maju dengan dilengkapi beberapa fitur-fitur terbaru yang bisa membantu atau mengsuport perkembangan dari komponen lain. Jensi motherboard sendiri pun cukup banyak dan tidak semua akan cocok dengan komponen lain. Artinya, Anda harus teliti dalam memilih motherboard yang akan digunakan untuk memasang setiap komponen-komponen komputer yang lain.

5. Grapich Card/GPU

Dalam pengaplikasian sebuah video game atau desain, salah satu komponen yang paling bekerja keras adalah GPU. GPU sendiri memiliki banyak jenis dan untuk seri-seri CPU intel, biasanya memasang GPU Internal didalamnya. Contohnya adalah i3 2310M 2.10 GHz yang menanamkan chip GPU intel HD 3000. Sekarang ini, beberapa vendor pembuatan GPU sudah cukup banyak, sebut saja NVIDIA dan AMD yang terkenal dikalangan pengguna PC untuk bermain game, desain animasi, atau rendering video.

6. PSU/Power Suplay

Penggunaan PSU pada sebuah PC adalah wajib. Fungsinya adalah untuk memberikan pasokan listrik yang dibutuhkan oleh komponen-komponen yang ada didalam PC tersebut. PSU sendiri memiliki banyak jenis ada yang abal-abal dan ada juga yang Pure atau kualitas yang lebih baik. Daya dari sebuah PSU juga berbeda-beda, ada yang 400 wat, 450 wat, 700 wat, dan seterusnya. Karena itulah dalam pemilihan PSU sebaiknya kenali dulu komponen yang lain untuk mengetahui seberapa besar daya wat yang diperlukan untuk menjalankan komputer tersebut.

7. Monitor

Monitor adalah bagian komponen antar muka yang digunakan untuk menampilkan secara visual kerja dari sebuah PC. Dalam perkembangannya, Monitor telah berkembang dengan kemajuan yang cukup pesat sehingga menciptakan monitor menjadi layar yang tipis seta dukungan jutaan warna. Monitor sendiri memiliki berbagai jenis ukuran yang terhitung dalam satuan inchi.

8. Keyboard

Keyboard adalah komponen luar yang digunakan untuk mengetik atau aktivitas numerik dan lainnya. Keyboard pada dasarnya memiliki format pengetikan KWERTY dengan fungsi utama menyalurkan fungsi dari ketingan tangan menuju ke PC lewat USB Port.

9. Mouse

Komponen ini hampir sama dengan keyborad yaitu sama-sama dalam penggunaan pengendalian dari system PC itu sendiri. Mouse berfungsi untuk penggunaan atau controling cursor agar mempermudah dalam mengontrol program yang ada didalam OS. Seiring kerkembangan zaman, mouse bisa dikenal luas setelah komputer generasi ke-4, ke5 sudah mulai ada.

10. Speaker

Speaker merupakan komponen PC untuk menciptakan atau mengalirkan sound visual atau suara untuk didengarkan. Penggunaan speaker sendiri sudah ada sejak generasi ke-4 namun lebih banyak digunakan ketika komputer generasi sekarang muncul. Penggunaannya sendiri pun tidak terlalu penting atau tidak wajib ada dalam sebuah PC.

11. TP-LINK/Penangkap jaringan atau Wi-Fi

Perangkat keras satu ini sangat diperlukan dalam sebuah PC, tujuannya adalah untuk menangkap jaringan Wi-Fi baik itu Wi-Fi hotspot atau jaringan LAN lainnya.

12. CD/DVD Drive

Perangkat keras pada PC yang berfungsi untuk menjalankan DVD atau jenis CD lainnya. Pada umumnya digunakan untuk memutar film, game, foto, atau DVD instalasi software.

13. OS/Operation System (Windows, Linux, Max, dll)

OS dikemas dalam CD/DVD dan bisa langsung diinstal. OS merupakan komponen perangkat lunak yang wajib ada pada sebuah PC untuk menjalankannya. Beberapa OS terkenal adalah windows, linux, atau kah max dan masih banyak lainnya,

14. Software penghubung hardware (Drivers)

Termasuk perangkat lunak (software) yang berfungsi untuk menjalankan fungsi dari hardware melalui software atau sebagai penghubung.

15. Headset

Headset pada dasarnya menggunakan 3.5mm jack pada PC. Gunanya untuk mendengarkan visualsound yang dikelola dalam PC. Headset port USB sudah banyak beredar saat ini.

16. Plotter

Merupakan perangkat output yang berfungsi mencetak gambar atau grafis dengan skala besar menggunakan pena tinta seperti gambar engineering atau arsitektur.

17. Proyektor

Perangkat output yang memanipulasi cahaya ke bidang datar dengan dasar tampilan dari dekstop. Biasanya digunakan dalam rapat atau pemaparan materi/wawancara.

18. Printer

Alat cetak yang disambungkan langsung dengan PC atau laptop. Gunanya untuk mencetak gambar atau tulisan menggunakan media kertas dan tinta. Hampir sama dengan plotter namun dengan skala yang lebih kecil.

Perangkat Lunak Pada Komputer :

Untuk menjalankan dan menghubungkan Hardware satu dengan lainnya, perlu yang namanya software. Berikut ini adalah perangkat lunak pada sebuah komputer:

1. Operation System/OS

Sebuah perangkat lunak yang mencakup keseluruhan dari sofware untuk menghubungkan hardware seperti membantu dalam kordinasi, output, input, memori, instalasi sofware, dan pemrosesan segala macam. Beberapa contoh dari OS komputer sekarang ini adalah Mac OS, Linux, dan yang paling terkenal adalah Windows OS.

2. Program Komputer

Program komputer atau sofware juga sangat penting untuk mengoperasikan sebuah komputer. Meski pada dasarnya software-software umum seperti kalkulator, notepad, browser, dan lainnya sudah ada pada OS yang tertanam, namun banyak sekali software penting lainnya yang dibutuhkan sesuai dengan keinginan konsumen seperti microsoft word, escel, photosop, chorme, vegas, dan termasuk game-game masa kini.

Slot-Slot Pada Komputer :

Sebagai penghubung dari sofware dan hardware dari luar seperti monitor, keybord, mouse, dan lainnya, perlu yang namanya slot komputer. Beberapa slot ini adalah ISA/PCI yang berguna untuk memasukkan card tambahan non-grafis. Sedangkan AGP/PCIe berfungsi sebagai slot memasukkan kartu tambahan grafis. Untuk menghubungkan hard driver seperti HDD, diperlukan slot seperti SATA, SCSI, dan IDE. Sedangkan yang paling terkenal adalah USB yang banyak digunakan untuk media plug and play karena terbilang simple dan mudah digunakan. Beberapa perangkat luar untuk USB adalah hardisk external, mouse, keyboard, gamepad, speaker, headset, dan lainnya.

Manfaat Komputer dalam Bidang Kesehatan :

1. Diagnosa Penyakit

Perangkat komputer sangat membantu dalam mendata suatu hal termasuk mendata penyakit yang diderita oleh korban. Biasanya penggunaan dalam bidang diagnosa penyakit digunakan banyak di rumah sakit untuk mempermudah dokter dalam mengetahui penyakit-penyakit apa yang diderita melalui pendataan di komputernya. Komputer berlabel DNA ini akan sangat membantu dalam menentukan hasil yang terbilang cukup akurat tentang jenis penyakit. Namun tentu dengan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu.

2. Monitoring Kesehatan Pasien

Komputer juga bisa membantu dalam melakukan monitoring atau tinjauan pada pasien seorang dokter. Hal ini akan mempermudah pendataan data dari pasien tentang apa yang dideritanya dan bagaimana cara pengangannya. Selain itu, penggunaan teknologi komputer dalam bisang monitoring ini bisa memberikan info yang lebih akurat kepada dokter serta bisa merekam kondisi pasien agar mudah diteliti dan diagnosa nantinya. Beberapa penggunaan monitoring untuk kesehatan adalah rogsen, detak jantung, alat pemacu jantung, dan lainnya. Semua alat tersebut memerlukan perangkat komputer untuk terus memonitoring kesehatan pasiennya.

3. Untuk Penelitian Suatu Penyakit

Komputer sangat penting dalam penelitian suatu penyakit atau zat-zat yang harus diketahui oleh seorang peneliti atau dokter. Pada zaman dulu, pendataan penelitian dicatat ke dalam buku namun untuk sekarang, perangkat komputer bisa membantu dalam meringankan pekerjaan pendataan seorang peneliti tentang penyakit atau zat yang sedang ditelitinya. Selain itu, komputer tidak hanya berfungsi untuk menyimpan data hasil penelitian namun juga membantu dalam memonitoring tingkah laku dari zat yang kandungan yang sedang diteliti. Penelitian seperti ini disebut penelitian modern dalam bidang kesehatan.

4. Menganalisis Organ Dalam Tubuh Manusia

Organ dalam tubuh bisa dipantau menggunakan alat bantuan, salah satunya adalah perangkat komputer. Penggunaan seperti ini biasanya untuk memantau organ pada pasien apakah mengalami gangguan atau tidak seperti melakukan foto ronsen dan sejenisnya. Selain itu, organ dalam tubuh juga bisa dideteksi lokasinya menggunakan alat bantuan seperti perangkat komputer, namun dilengkapi dengan beberapa alat khusus. Metode kedokteran seperti ini sudah banyak diterapkan dan masuk ke dalam fase modern.

5. Melatih Otak

Pada umumnya komputer bekerja dengan tangan manusia. Semua aktivitas dalam komputer memerlukan otak untuk berpikir. Hal ini akan membantu dalam melatih otak untuk tetap berpikir dan melatih kecepatan berpikir. Beberapa contoh sederhana dalam melatih otak adalah mengetik, melakukan pekerjaan excel, googling, editing video, sampai bermain game yang pastinya memerlukan kecepatan otak dalam berpikir. Tapi demi melindungi organ-organ lain, penggunaan komputer sebaiknya benar-benar dibatasi agar tak menyebabkan efek samping yang berbahaya untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Komputer dalam Bidang Kecantikan :

1. Memonitoring Kondisi Kesehatan Kulit

Komputer juga sangat diperlukan untuk menyehatkan kulit dengan cara memonitoring kondisi kulit. Hal ini akan membuat kemajuan dalam memudahkan dokter atau peneliti dalam meneliti suatu kondisi kesehatan kulit korban. Setelah dilakukan pendataan, komputer akan melakukan kecocokan dengan data diagnosa penyakit agar diketahui masalah kulit apa yang sedang terjadi pada seorang pasien. Sama dengan manfaat bidang kesehatan, penggunaan seperti ini banyak diterapkan guna membuat kecantikan wajah pasien dapat terjaga.

Manfaat Komputer dalam Bidang Industri :

1. Sebagai Pembuatan Animasi

Komputer sangat diperlukan dalam penggunaan pembuatan animasi baik itu 2D atau 3D. Dalam sebuah industri pembuatan animasi, perangkat komputer yang diperlukan harus lah ada dengan kinerja pekerja yang bekerja sama dalam menciptakan animasi yang sudah menjadi kerjaannya. Hal seperti ini disebut sebagai Computer Aided Design (CAD). Tidak hanya membantu dalam pembuatan animasi, manfaat komputer bagi industri seperti ini juga membantu dalam pembuatan brosur atau hal-hal berbau design.

2. Sebagai Computer Aided Manufacturing

CAM disebut juga sebagai perangkat komputer yang khusus dilakukan dalam pembuatan atau mengoperasikan mesin-mesin produksi yang sangat membantu dalam sebuah industri yang memerlukan tenaga mesin dalam pembuatan produknya. Penggunaan komputer untuk mesin seperti ini sangat penting untuk perusahaan besar karena biasanya perusahaan seperti itu memerlukan tenaga mesin karena produksinya yang dalam jumlah besar. Mesin-mesin pembuatan ini akan dikontrol langsung oleh komputer yang menjadi pusat pengendali.

3. Sebagai Manufacturing Resource Planing

Penggunaan computer dalam fungsi MRPII ini akan membantu dalam membuatan produk dalam jumlah besar. Fungsi utamanya adalah mendesain produk yang akan dibuat secara massal. Orang atau pekerja yang ada dibidang ini harus lah mereka yang benar-benar berpikir cerdas dalam penggunaan komputer jenis ini untuk industrinya agar tak terjadi kesalahanan pembuatan nantinya.

4. Sebagai Computer Integrated Manufacturing

CIM ini adalah jenis komputer yang akan membantu dalam mengontrol setiap komputer yang ada pada suatu perusahaan atau kantor. Hal ini dilakukan sebagai penghematan energi listrik dan bisa melakukan kerja secara otomatis melalui controling komputer induk. Penggunaan seperti ini biasanya diterapkan pada perusahaan yang memerlukan pendataan lewat komputer.

5. Pembuatan Produksi

Komputer akan membantu dalam pembuatan produksi seperti membuat bahannya dan mengontrol setiap kegiatan mesin berat yang dilakukan dalam pembuatan suatu produksi industri. Hal ini dikarenakan pekerja manusia tak bisa melakukan semua kegiatan pembuatan produk industri secara sempurna dan tepat waktu. Maka dari itu, penggunaan mesin computer dalam bidang ini sangat diperlukan.

Manfaat Komputer dalam Bidang Industri Lainnya :

6. Sebagai aspek pengemasan

7. Pembuatan brosur atau promosi

8. Mempermudah pengelolahan administrasi

9. Membantu kegiatan surat menyurat atau komunikasi

10. Membantu Dalam pembuatan akumulasi data

11. Menekan biaya industri

12. Menurunkan biaya operasional

13. Sumber pendapatan utama

14. Mencari SDM berkualitas

15. Mengembangkan bisnis

16. Sarana komunikasi yang cepat

Manfaat Komputer dalam Bidang Ekonomi :

1. Mempermudah Dalam Perhitungan

Proses hitung menghitung memang selalu terkait dengan ekonomi. Komputer akan membantu dalam proses menghitung yang akan membantu dalam prose hitung meski bisa dilakukan dengan kalkulator. Tapi penggunaan komputer dalam perhitungan memberikan fitur yang lebih luas sehingga membantu dalam perhitungan rumit seperti menghitung laba dari sebuah perusahaan dan melihat hasil kemajuan ekonomi pada sebuah perusahaan.

2. Memberikan Informasi Akurat

Penggunaan komputer juga membantu dalam menghitung informasi ekonomi secara akurat. Biasanya dilakukan oleh perusahaan dalam menghitung laba rugi setiap bulannya. Tidak hanya itu, jaringan komputer juga membantu dalam melihat transparansi ekonomi secara akurat sehingga membantu dalam memperbaiki kesalahan apa saja yang bisa membuat ekonomi merosot.

3. Menjadi Lahan Bisnis

Penggunaan komputer untuk memajukan sebuah ekonomi juga bisa dilakukan dengan cara menggunakan fungsi dari komputer tersebut sebagai lahan bisnis seperti contohnya menggunakan komputer sebagai alat desain kemudian bisa bermanfaat untuk industri fashion yang membantu dalam meningkatkan ekonomi dari sebuah perusahaan.

4. Melihat Dabatase Dari Perusahaan

Untuk melihat informasi tentang ekonomi dari perusahaan, bisa dilihat menggunakan database perusahaan yang diaplikasikan melalui komputer. Dari sini Anda bisa memanfaatkan informasi tersebut dalam mengevaluasi apa saja yang harus diperhatikan dalam upaya peningkatakan ekonomi perusahaan.

5. Modal Melakukan Presentasi

Untuk memajukan ekonomi dari sebuah perusahaan atau diri sendiri, hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan presentasi tentang misi visi Anda atau produk yang Anda jual kepada massal. Penggunaan komputer akan sangat berjaya untuk mengajukan presentasi yang bisa membantu dalam meningkatkan ekonomi diri Anda sendiri atau perusahaan Anda.

Manfaat Komputer dalam Bidang Sosial :

1. Komunikasi

Penggunaan komputer untuk berkomunikasi sangat bisa dilakukan. Biasanya harus memerlukan suatu penghubung agar bisa berkomunikasi dari jarak jauh. Penggunaan masa dulu masih menggunakan kabel untuk berkomunikasi dengan jarak tertentu, namun sekarang dengan adanya internet bisa membuat semua orang saling terhubung menggunakan perangkat komputer.

2. Mencari Teman Lama

Salah satu manfaat dari komputer adalah sebagai sarana mencari teman, baik teman baru atau teman yang sudah lama tidak diberi kabar. Internet menjadi jaringan global yang bisa dengan mudah diakses oleh masyarakat dunia. Beberapa social media pun bermunculan sebagai sarana penyebar informasi dan mencari teman. Dengan adanya jaringan seperti ini, Anda bisa mencari teman lama Anda dan berbicara dengan mereka. Sekarang ini untuk berkomunikasi melalui internet tidak perlu melihat lokasi di mana ia berada karena jangkauan internet sangat luas selama jaringan masih terhubung.

3. Pengumpulan Massa

Komputer sebagai alat komunikasi bisa membantu dalam mengumpulkan orang-orang untuk melakukan pergerakan tercenana. Karena itulah sekarang ini banyak organisasi yang aktif dalam sosial media dan bisa dikumpulkan untuk melakukan suatu tindakan. Biasanya untuk itu, sebuah grup atau kelompok yang terhubung secara online memerlukan yang namanya admin atau ketua untuk memantau aktivitas para anggotanya.

4. Melihat Dunia Luar

Komputer bisa menjadi salah satu sarana untuk melihat informasi dunia luar tanpa harus repot-repot untuk pergi ke lokasi tersebut. Cukup mudah, Anda hanya perlu memiliki perangkat komputer kemudian jaringan internet untuk melihat berita tentang dunia luar. Dengan begitu, Anda akan selalu update tentang apa saja yang terjadi di luar sana hanya dengan duduk di depan monitor. Hal ini bisa meningkatkan tingkat sosial seseorang agar selalu terhubung dengan dunia luar.

5. Mengenalkan Diri Dengan Orang Lain

Internet sekarang ini bisa menjadi salah satu sarana untuk memperkenalkan diri Anda ke dunia luar. Karena itulah sekarang ini sangat banyak orang yang berhasil terkenal karena selalu eksis di sosial media seperti Instagram, Youtube, Facebook, Twitter, dan lainnya. Semua sarana untuk memperkenalkan diri ke dunia luar tersebut memerlukan perangkat untuk mengaksesnya, salah satunya adalah komputer.

Manfaat Komputer dalam Bidang Agama :

1. Mengetahui Informasi Tentang Agama

Internet bisa membantu dalam mencari info-info atau berita tentang agama dalam suatu wilayah tertentu. Komputer menjadi salah satu saranan untuk mengaksesnya. Dengan begitu, Anda bisa terus update tentang berita agama yang menjadi kebutuhan Anda dan memudahkan Anda dalam mendalami agama yang Anda anut. Contohnya misalnya Agama Islam, penggunaan internet sangat banyak dilakukan untuk mencari sejarah atau pengetahuan lain terkait dengan Agama itu sendiri.

2. Sebagai Jalur Dakwah

Untuk bisa menyalurkan pendapat Anda atau dakwah Anda, dibutuhkan komputer dan jaringan internet. Penggunaan seperti ini bisa dilakukan dan lebih efesien karena membantu dalam menyalurkan pendapat Anda. Sekarang ini sangat banyak sosial media yang bisa dijadikan sebagai sarana menyalurkan pendapat tentang agama atau dakwah Anda, salah satunya adalah youtube atau facebook.

3. Mendengarkan Dakwah atau Lantunan Ayat Al-Quraan

Komputer adalah budak manusia, karena itulah bisa disesuaikan keinginan seperti menjadikannya sebagai pemutar dakwah atau suara pembacaan Al-Quraan dengan catatan, komputer yang Anda gunakan harus tersambung dengan leadspeaker atau headset untuk mendengarkannya. Sedangkan untuk kontennya sendiri, sekarang ini banyak sekali yang bisa diunduh secara gratis di internet.

4. Belajar Mengaji

Software atau perangkat lunak tentang bagaimana cara belajar mengaji sekarang ini sangat banyak dan bisa diunduh secara gratis. Dengan begitu, Anda bisa terbantu dalam belajar mengaji untuk meningkatkan keagamaan kalian.

5. Menasehati Orang Lain

Di sosial media sendiri sangat banyak oknum yang berkata kasar dan tidak peduli dengan orang sekitarnya. Anda yang sadar akan keselahan tersebut, bisa menegur secara keagamaan melalui internet dengan perantara komputer.

Manfaat Komputer dalam Bidang Elektronik :

1. Sebagai Penelitian dan Riset

Untuk menghasilkan fungsi atau pembentukan dari alat elektronik, harus memerlukan perhitungan yang sempurna. Hal ini tidak bisa dilakukan oleh manusia dengan waktu yang singkat. Karena itulah kemampuan perangkat komputer di perlukan di sini.

2. Diterapkan Dalam Elektronika

Semua aspek eletronika memerlukan kerja komputer untuk menghasilkan hasil yang diinginkan seperti aspek bidang teknik pembangunan atau sipil. Penggunaan komputer dalam bidang ini sangat membantu dalam kemajuan elektronika pada sebuah perusahaan atau secara individual.

3. Pemanfaatkan Komputer Dalam Pengolahan Data

Kehadiran computer sendiri sangat dibutuhkan dalam bidang elektronika seperti pembuatan model reactor yang memerlukan adanya computer. Selain itu, penggunaan computer bisa juga untuk dijadikan sebagai alat pembuatan desain molekul yang ditampilkan secara visual di layar monitor komputer.

4. Pemanfaatan Komputer Dalam Desain Alat Electronika

Dalam pembuatan desain alat electronik memerlukan komputer sebelum akhirnya di buat oleh mesin. Pemanfaatan ini terkait dengan manfaat computer pada industri namun lebih fokus ke alat elektronik saja.

5. Sebagai Pusat Kontrol Alat Elektronik

Komputer bisa dijadikan sebagai alat controling beberapa alat elektronik pada umumnya seperti televisi, pc, dan lainnya. Penggunaan seperti ini biasa diterapkan dalam sebuah perusahaan untuk mengontrol seluruh alat elektronik dalam satu komputer induk.

Manfaat Komputer dalam Bidang Olahraga :

1. Pelatihan dan Pembinaan

Komputer bisa digunakan dalam pelatihan atau pembinaan pada cabang olahraga yang difokuskan. Seperti melatih atlet menggunakan presentasi yang pastinya memerlukan komputer atau sejenisnya.

2. Pembuatan Peralatan Olahraga

Komputer ikut ambil bagian dalam pembuatan alat-alat untuk olahraga. Dalam hal ini, desain alat tersebut menjadi tujuan utama digunakan dalam bidang ini. Karena dengan adanya alat canggih ini semua proses dalam kegiatan olahraga berjalan lancar.

3. Sebagai Dokumentasi

Olahraga sendiri merupakan ajang publik yang cukup terkenal di cabang-cabangnya, karena itulah dokumentasi sangat diperlukan untuk perkembangan olahraga kedepannya.

4. Pendidikan Olahraga Secara Materi

Penggunaan computer dalam pembelajaran olahraga bentuk materi sangat diperlukan untuk mempermudah pelajar dalam mencerna. Penggunaan animasi menjadi salah satu keunggulan penggunaan komputer dalam bidang ini. Penggunaan seperti ini harus didukung dengan adanya monitor skala besar, namun pada umumnya dalam penyampaian materi menggunakan proyektor sebagai alat pihak ke dua.

5. Analisis Olahraga

Computer juga bisa dijadikan sebagai alat analisis dalam sebuah cabang olahraga. Biasanya dipergunakan untuk mengetahui taktik milik lawan sehingga mampu mempersiapkan atlet dalam menghadapi rivalnya. Selain itu, computer juga bisa dijadikan sebagai alat analisis suatu cabang olahraga untuk dikembangkan kedepannya.

Manfaat Komputer dalam Bidang Olahraga Lainnya :

6. Sebagai sumber info berita olahraga

7. Multimedia dan internet

8. Computer aided aplikasi dalam olahraga

9. Biomekanik

Efek Samping Komputer :

Penggunaan computer dalam waktu lama dan terlalu dekat pada monitor, bisa berakibat buruk bagi diri Anda seperti efek samping berikut:

1. Kerusakan permanen untuk mata

2. Gangguan pada tulang belakang

3. Bisa menyebabkan kanker pada usus

4. Bisa menyebabkan serangan jantung

5. Penyebab terjadinya penggumpalan darah

6. Bisa menyebabkan kegemukan

7. Penyebab utama sakit kepala

8. Menurunkan daya ingat pada otak

9. Bisa menjadi sumber radiasi listrik

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Internet untuk Segala Bidang Serta Dampak Negatif

Penggunaan computer memang sangatlah penting dan berguna pada keseharian manusia pada zaman ini, namun penggunaan berlebihan bisa menyebabkan efek samping berbahaya bagi tubuh. Selain itu, agar tidak menyebabkan kesalahan fatal baik untuk orang lain dan diri Anda, Anda harus mengerti betul dalam mengoperasikan sebuah komputer.

Continue Reading

Lainnya dari Teknologi

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top