Connect with us

30 Manfaat Jaringan Komputer, Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Dampak Negatif

Teknologi

30 Manfaat Jaringan Komputer, Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Dampak Negatif

Manfaat Jaringan Komputer – Salah satu perkembangan teknologi yang bisa dilihat secara kasat mata di kehidupan modern sekarang ini adalah perkembangan jaringan komputer. Teknologi yang satu ini memang berkembang sangat pesat dari hari ke hari. Bukan hanya dapat menghubungkan jaringan antar PC namun juga semua benda yang menggunakan operasi komputer. Salah satu contohnya yaitu adanya jenis mobil yang dapat saling terhubung dengan ponsel.

Jaringan Komputer, manfaat Jaringan Komputer

Jaringan komputer pertama kali dikembangkan pada tahun 1940 – 1950 an. Perkembangan jaringan tersebut sudah mengalami berbagai fase kemajuan yang makin lama semakin canggih. Dengan adanya perkembangan jaringan komputer ini tentunya memberikan banyak dampak positif bagi kehidupan kita namun juga tak lepas dari dampak negatifnya.

Pengertian Jaringan Komputer :

Jaringan komputer merupakan sekelompok komputer otonom yang dapat dihubungkan satu sama lain dengan menggunakan protokol komunikasi. Dengan media komunikasi tersebut maka antara kedua belah pihak bisa saling berbagi informasi, pemanfaatan bersama perangkat keras misalnya harddisk, printer, program-program dan lain-lain.

Selain itu, jaringan komputer juga memiliki arti sebagai sejumlah terminal komunikasi yang terdapat di berbagai lokasi dan terdiri dari beberapa komputer yang dapat saling dihubungkan.

Loading...

Tujuan Jaringan Komputer :

  1. Membantu tim kerja untuk mempermudah komunikasi dengan rekan
  2. Mempermudah masyarakat dalam memperole informasi terbaru
  3. Mempercepat proses sharing data
  4. Memanajemen sumber daya agar lebih efisien
  5. Membantu dalam melayani para klien dengan efektif

Fungsi Jaringan Komputer :

  1. Hemat biaya
  2. Skalabilitas
  3. Keamanan
  4. Kecepatan
  5. Kehandalan tinggi
  6. Manajemen pemusatan aplikasi
  7. Hiburan interaktif
  8. Akses informasi
  9. Berbagai sumber
  10. Media komunikasi

Manfaat Jaringan Komputer dalam Kehidupan Sehari Hari :

1. Mempermudah sharing files

Manfaat jaringan komputer dalam kehidupan sehari-hari yang pertama adalah untuk mempermudah sharing files. Biasanya dalam sebuah organisasi atau perusahaan memiliki banyak data yang harus saling dilihat antar bagian atau divisi. Proses sharing data, dokumen maupun file-file yang ada tersebut akan lebih mudah dengan menggunakan manfaat jaringan komputer.

Tidak bisa dibayangkan jika dalam satu naungan perusahaan besar dan luas para petugas dan karyawan harus berlari sana-sini untuk mengantarkan dokumen yang harus dilihat. Belum lagi jika arsip data yang dibutuhkan sangat tebal. Tentunya akan menyulitkan para pekerja. Dengan manfaat dari jaringan komputer ini semua dokumen bisa diantar hanya dalam satu klik komputer saja.

2. Menjaga data yang bersifat rahasia

Dengan adanya jaringan komputer juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga keamanan data penting dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Anda bisa menggunakan jaringan LAN atau jaringan lokal sehingga hanya komputer yang terhubung atau memiliki akses dalam jaringan tersebut saja yang dapat membuka data.

Hal ini sangat penting untuk menghindari hal-hal tak terduga dari kejahilan tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab seperti peretasan data (hacking) sehingga membuat suatu instansi mengalami kerugian. Selain itu, pengiriman data dengan menggunakan jaringan komputer juga lebih aman tanpa ada orang lain yang bisa mengetahui isi dari file tersebut.

3. Mempercepat arus informasi

Bagi instansi atau perusahaan yang sedang berkembang, keberadaan jaringan komputer sangatlah dibutuhkan. Hal ini karena jaringan tersebut mampu menunjang arus informasi agar dapat berjalan lancar dengan waktu yang cepat.

Jika arus informasi berjalan cepat dan lancar, maka kinerja perusahaan akan menjadi lebih mudah dan perkembangan perusahaan pun bisa mencapai masa keemasan. Hal ini karena adanya dukungan antara kinerja pekerja serta fasilitas yang memadai dan mempermudah pekerjaan yang ada.

Manfaat Jaringan Komputer dalam Kehidupan Sehari Hari Lainnya :

4. Sebagai media sosial

5. Menghemat biaya

6. Mempermudah akses data dalam server

7. Kepentingan bermain games

8. Mempermudah komunikasi antar divisi

9. Mencari informasi khusus

10. Integrasi data

11. Chatting

12. Surat elektronik/ email

13. Forum dan milis

14. Internet telephone

15. E-commerce

16. Update informasi terbaru di dunia luas

17. Video conference dan video call

Manfaat Jaringan Komputer di Bidang Pendidikan :

1. Sebagai sumber informasi lengkap bagi guru dan murid

Degan meluasnya komputer di lingkungan sekolah maka guru dan siswa akan menjadi lebih mudah untuk mendapatkan informasi lengkap dan bermanfaat. Bagi guru, dengan kemajuan teknologi ini dapat memperoleh sumber belajar yang lebih luas dibandingkan hanya terpacu dengan buku. Sekarang ini referensi ilmu sudah bisa diakses dengan mudah sehingga proses belajar mengajar pun menjadi lebih efektif.

Adapun manfaatnya untuk murid juga tidak jauh beda yakni untuk mempermudah mendapatkan sumber informasi mengenai materi-materi yang harus dipelajari. Hanya saja para murid harus pintar-pintar memilah mana sumber belajar yang tepat dan harus mendapatkan pengawasan dari pihak guru maupun orang tua agar tidak terjerumus dengan hal-hal negatif melalui jaringan komputer.

2. Meratanya pembagian ilmu

Dengan menggunakan komputer maka siswa dapat memperoleh materi pelajaran secara merata dari pengajar atau guru. Misalnya jika dulu para pengajar hanya menerangkan sambil berdiri dan menulis di depan kelas namun sekarang guru maupun dosen dapat menggunakan media pembelajaran yang lebih efektif seperti proyektor untuk memperlihatkan materi secara jelas dan mudah.

Pengajar akan lebih mudah dalam menerangkan materi tanpa harus menulis ataupun menggambar yang mungkin memakan waktu banyak. Sedangkan siswa pun tentunya akan lebih mudah memahami materi dengan menyaksikan langsung di dalam komputer yang disediakan misalnya sekolah tersebut menyediakan lab komputer. Jika tidak ada kesempatan mencatat maka siswa juga bisa meminta softfile pada guru dan dipelajari kembali di rumah.

3. Ujian menjadi lebih cepat dan akurat

Sekarang ini ujian sekolah sudah mencanangkan basis komputer mulai dari jenjang SD, SMP dan SMA. Hal ini menandakan bahwa pihak sekolah memahami bahwa manfaat komputer untuk ujian sangatlah besar. Dengan ujian berbasis komputer ini maka siswa dapat lebih mudah mengerjakan dengan hasil yang akurat dan cepat.

Apabila dulu saat ujian menggunakan kertas jawaban maka untuk mengetahui hasilnya dibutuhkan waktu berhari-hari. Namun sekarang ini hasil ujian menggunakan komputer bisa langsung dilihat berapa besar pencapaian pengerjaan siswa.

Manfaat Jaringan Komputer di Bidang Pendidikan Lainnya:

4. Media pengenalan sekolah maupun perguruan tinggi

5. Lebih mempermudah proses pendataan

6. Media untuk mengirim file maupun diskusi

Manfaat Jaringan Komputer di Perusahaan :

1. Sebagai sarana berbagi sumber daya

Pada umumnya sebuah perusahaan tidak ditangani oleh satu orang saja, oleh sebab itu dibutuhkan media yang dapat menghubungkan antara pekerjaan, informasi dan juga tagihan klien yang cukup banyak. Dengan menggunakan jaringan komputer maka para staff di sebuah perusahaan tidak perlu direpotkan dengan membagi pekerjaan secara manual atau pengiriman tagihan melalui jalur pos yang tentunya akan memakan waktu.

Kehadiran jaringan teknologi canggih ini lebih memudahkan para staff dalam menggungga pekerjaan yang harus diselesaikan melalui Google Drive atau Dropbox, dan juga mengirim informasi atau tagihan melalui surel.

2. Sebagai media komunikasi

Agar pekerjaan tetap terjaga dan terkontrol setiap saat maka dibutuhkan sarana komunikasi yang memadai. Berbagai proses seperti kolaborasi, pertemuan dan lain-lain dapat dipersingkat dengan media digital. Selain lebih simple, media ini juga dapat mempercepat waktu agar pekerjaan lain segera bisa ditangani.

3. Media promosi

Di era modern sekarang ini, media promosi merupakan suatu yang amat urgent untuk menggaet para konsumen melalui media digital. Para pelaku bisnis dalam sebuah perusahaan dapat menggunakan jaringan komputer sebagai situs perusahaan dalam pengelolaan bisnis. Selain efektif, media promosi ini juga lebih murah dan dapat tersebar secara luas.

Manfaat Jaringan Komputer di Perusahaan Lainnya :

4. Aspek keamanan terjamin

5. Penghematan waktu dan anggaran

Dampak Negatif Jaringan Komputer :

  • Peningkatan biaya untuk membangun jaringan
  • Berbagi file yang tidak dikehendaki tanpa sengaja
  • Dibutuhkan manajemen administrasi sistem dan hardware
  • Resiko virus dan hacking

Baca Juga: Pengertian, Ruang Lingkup, Tujuan, Model, Komponen dan Manfaat Sistem Informasi Geografis

Jaringan komputer merupakan salah satu bentuk kemajuan teknologi masa kini yang dapat mempermudah pekerjaan masyarakat. Bukan hanya di bidang pendidikan yang membutuhkan perkembangan, namun jaringan ini juga sangat  membantu dalam memajukan bisnis.

Dalam penggunaan jaringan teknologi yang memberikan banyak manfaat di kehidupan sehari-hari, semua itu tidak lepas dari dampak negatif yang harus dihadapi seperti meningkatnya anggaran dana atau penyalahgunaan jaringan yang tersedia. Oleh karena itu kita harus mengantisipasi segala keadaan yang mungkin terjadi agar bisa memaksimalkan penggunaan jaringan komputer untuk tujuan yang benar.

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Teknologi

Terbaru

Manfaat Kencur
Air Putih, Manfaat Air Putih
Manfaat Hewan
Manfaat Facial Wajah,
Manfaat Air Mani Pria
Manfaat Olahraga
Manfaat HaKI, Manfaat Hak Atas Kekayaan Inteltual
Manfaat Ubi Ungu
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh
Manfaat Minum Air Kelapa, Khasiat Manfaat Minum Air Kelapa
Air, Manfaat Air, Khasiat Air
Manfaat Minyak Kutus Kutus
Manfaat Cahaya Matahari
Air teh, manfaat air teh
Daging Kelapa Muda, manfaat Daging Kelapa Muda
Air Mani Wanita, Manfaat Air Mani Wanita
Kacang Tanah, manfaat Kacang Tanah
Minum Jahe, Manfaat Minum Jahe
Ukhuwah Islamiyah, Manfaat Ukhuwah Islamiyah
Minum Teh, Manfaat Minum Teh, Khasiat Minum Teh
To Top